Ganjar Usulkan Cara Ini Jika Pemerintah Pusat Perpanjangan PPKM Darurat

ABOUTSEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat dapat memperhatikan suara rakyat terkait perpanjangan PPKM Darurat.

Ganjar minta pemerintah pusat untuk mencari cara yang lebih lunak agar situasi tidak semakin memberatkan masyarakat.

“Masyarakat terlalu berat. Kalau PPKM Darurat diperpanjang dengan pola yang sama seperti ini, masyarakat berat. Maka saya minta kita harus mendengarkan suara masyarakat,” Kata Ganjar kepada wartawan, Senin (19/7).

Ganjar mengusulkan langkah yang lunak seperti warung dan restoran tetap boleh melayani makan di tempat. Dengan catatan, semua harus taat protokol kesehatan dan tidak boleh abai.

“Boleh saja warung melayani makan di tempat, asal taat prokes. Kalau melanggar dikasih peringatan, ngeyel ya ditutup. Tapi makannya bisa diatur, itu menurut saya lebih soft (lunak),” jelasnya.

Ganjar juga meminta pemerintah pusat untuk melakukan pendataan dan menyiapkan bantuan guna membantu masyarakat agar tetap mau di rumah. Cara itu harus dilakukan jika pemerintah pusat tetap memutuskan perpanjangan PPKM Darurat dengan model yang sedang dilakukan ini.

“Apa itu, ya bantuan. Ndak ada yang lain. Pilihannya hanya itu. Di luar itu saya kira akan ada respon yang mungkin sangat noise di publik,” tegasnya.

Terkait kesiapan Pemprov jika perpanjangan PPKM Darurat, Ganjar mengatakan sudah menyiapkan skenario refocusing. Namun pihaknya masih melihat kondisi di lapangan, karena bantuan dari pusat dan kabupaten sudah ada yang diberikan.

“Makanya saya ajak bicara kades/lurah serta Bupati/Wali Kota untuk menyiapkan refocusing. Kami sudah siapkan skenario itu. Ya memang berat sih, tapi mau tidak mau pemerintah harus siap,” pungkasnya. (ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan