Gempa Magnitudo 4,8 SR Guncang Pacitan Hingga Yogyakarta

ABOUTSEMARANG- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 4,8 skala richter (SR) mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur dan terasa hingga Yogyakarta, Rabu (13/10) sekitar pukul 12.00 WIB.

Mengutip akun Twitter resmi @InfoBMKG, gempa bumi terjadi pada hari ini, Rabu (10/3/2021).

Gempa Mag:4.8, 13-Okt-21 12:00:47 WIB, Lok:8.87 LS, 110.97 BT (Pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan), Kedlmn:55 Km Dirasakan (MMI) III Pacitan, III Trenggalek, III Wonogiri, II Gunung Kidul, II Bantul, II Yogyakarta./ Twitter / @infoBMKG

BMKG mencatat episenter atau pusat gempa tersebut berlokasi di 8.87 Lintang Selatan dan 110.97 Bujur Timur atau 78 km Barat Daya Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 55 Km.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Seluruh Polda Antisipasi Lonjakan Covid-19, Ini Sebabnya

 

Gempa ini dirasakan hingga (MMI) II Gunung Kidul, II Bantul, II Yogyakarta, III Pacitan, III Trenggalek, III Wonogiri.

Warga diharap untuk tetap hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Meski begitu BMKG merekomendasikan beberapa hal kepada masyarakat yakni :

1. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

3. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

4. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan