Gubernur Wayan Koster Kembali Tolak Israel di World Beach Games Bali

ABOUTSEMARANG – Gubernur Bali, I Wayan Koster kembali menegaskan pihaknya juga menolak kedatangan kontingen Israel di pagelaran World Beach Games (AWBG) 2023 yang bakal digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023 yang diadakan oleh Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC).

Wayan Koster beralasan, penolakan terhadap Israel berdasarkan konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

“(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel),” kata Koster kepada media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4).

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” ujarnya menambahkan.

Sebagai informasi, World Beach Games adalah kejuaraan dunia untuk cabang olahraga yang dimainkan di pantai seperti voli pantai, sepak bola pantai, dan triatlon.

Bali merupakan tuan rumah kedua dalam sejarah olahraga pantai ini. Edisi perdana World Beach Games dilaksanakan di Doha, Qatar, pada 2019 lalu.

Sebelumnya Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace, merespons keikutsertaan atlet Israel di ajang ANOC World Beach Games 2023 pada 5-12 Agustus mendatang.

Cok Ace mengaku masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait masalah ini.

“Itu menunggu arahan dari pusat. Pengalaman yang sekarang menjadi pelajaran penting. Menunggu arahan dari pusat. Iya dari Presiden,” kata Cok Ace, saat ditemui di Kantor DPRD Bali, Senin (3/4).

BACA JUGA :   Ini Video Porno Perempuan Kebaya Merah Tersebar di Media Sosial, Polisi Cari Pelaku

Atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang.

Hal itu diketahui dari hasil di babak kualifikasi seperti cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3×3. Atlet yang mewakili Israel berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang World Beach Games 2023. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan