Gunung Semeru Erupsi, Ketinggian Letusan Capai 800 Meter

ABOUTSEMARANG – Gunung Semeru mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 800 meter dari puncak Mahameru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, letusan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terjadi pada Senin, 23 Januari 2023 pukul 07.50 WIB.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 19 mm dan durasi 79 detik,” kata Petugas Pos Pantau Gunung Semeru, Ghufron Alwi, dalam keterangannya yang dilihat About Semarang, Senin, 23 Januari 2023.

Untuk kolom abu yang teramati, Ghufron mengungkapkan berwarna kelabu dengan intensitas tebal bergerak menuju ke arah timur laut.

Atas peristiwa erupsi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau masyarakat sekitar agar mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

“Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan,” jelas Ghufron.

PVMBG juga menghimbau warga untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Warga juga diminta tidak beraktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Selain itu masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan.

“Sebab berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak,” tegas Ghufron.***

Sharing:

BACA JUGA :   Cargill Resmikan Corn Wet Mill di Pandaan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan di Pasar Pati

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan