Hangatkan Ayam Tapi Jadi Kering? Ini Tipsnya Agar Tetap Lembut dan Lezat

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi informasi tips menghangatkan ayam tanpa membuatnya kering.

Ayam sendiri menjadi makanan yang sangat enak apabila disajikan saat hangat. Namun, sering kali ketika memasak atau membeli ayam kita menyisakan beberapa untuk dimakan kembali beberapa waktu berikutnya.

Oleh sebab itu, saat ayam tersisa kita cenderung akan menghangatkannya kembali agar ketika disantap kembali menjadi nikmat.

Dalam memanaskan ayam sendiri juga harus dilakukan dengan cara yang tepat agar ayam tetap lembut dan lezat untuk disantap.

Hal paling penting adalah memperhatikan suhu aman yang direkomendasikan USDA, paling tidak mencapai 73,8 derajat celcius sebelum dimakan.

Selain itu, memanaskan ayam kembali tergantung pada jenis masakannya, seperti sayap ayam goreng cocok dihangatkan pada air fryer, dada ayam yang dipotong kecil dapat dipanaskan dalam wajan.

Simak cara hangatkan ayam tanpa membuatnya kering, dikutip dari laman Livestrong, berikut selengkapnya.

  1. Memanaskan ayam berbumbu dengan oven

Panaskan oven mencapai suhu 162,7 derajat celcius. Lapisi loyang dengan alumunium foil sampai melampaui sisi loyang.

Tempatkan ayam di tengah, olesi dengan minyak zaitun, tutup rapat dengan alumunium foil. Panaskan sampai suhu internal daging mencapai 73,8 derajat celcius.

  1. Memanaskan ayam dengan microwave

Tempatkan ayam pada piring tahan microwave, makanan di sisi luar piring lebih cepat matang. Maka dari itu, letakkan ayam potongan paling besar serta paling berdaging pada bagian luar piring dan bagian kecil di tengah.

Tutupi ayam dengan saus barbekyu, teriyaki, atau saus bolognese agar tetap lembab, kemudian tutup dengan penutup aman microwave.

BACA JUGA :   WOW! Mendoan Berhasil Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021

Panaskan selama dua hingga tiga menit, balik sisi lainnya lalu panaskan kembali dua sampai tiga menit tambahan.

  1. Memanaskan ayam dengan wajan

Potongan dada ayam tanpa tulang dan kulit akan cocok dipanaskan dalam wajan. Sebelum dihangatkan, potong ayam menjadi bagian sebetal 2,5 sentimeter.

Tempatkan wajan di atas kompor dengan api sedang, tambahkan kaldu atau air untuk melapisi bagian bawah agar ayam tetap lembab.

Masukkan potongan ayam, kecilkan api dan aduk sampai ayam panas. Sajikan untuk salad atau kebab.

  1. Memanaskan ayam dengan air fryer

Mempunyai sayap krispi yang akan dipanaskan? Gunakan air fryer untuk menghangatkannya. Setel suhu pada air fryer mencapai 182 derajat celcius.

Biarkan sayap ayam pada suhu ruang kemudian semprotkan dengan lapisan tipis cooking spray antilengket. Susun ayam pada keranjang air fryer.

Panggang sayap ayam selama empat menit kemudian panggang lagi pada suhu 204 derajat celcius, selama lima menit.

Itu tadi informasi tips menghangatkan ayam tanpa membuatnya kering. Semoga bermanfaat.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan