Hari Ini! Festival Europe on Screen 2021 Digelar Virtual

ABOUTSEMARANG- Festival Film Uni Eropa ke-21 “Europe on Screen” (EoS) resmi digelar mulai malam ini hingga dua minggu kedepan.

Semua film dapat ditonton secara gratis di platform streaming virtual Festival Scope. Acara EoS 2021 menghadirkan 54 film dan 30 rangkaian acara tambahan yang berlangsung pada tanggal 15-27 September dan dapat diakses dari seluruh wilayah di Indonesia.

Hari pertama festival EoS dibuka dengan film drama asal Finlandia. “Any Day Now”.

Film ini terinspirasi oleh kisah nyata Hamy Ramezan, sutradara film tersebut yang nyaris dideportasi saat permintaan suaka keluarganya ditolak.

Baca Juga: Gandeng Universal Pictures, Christopher Nolan Garap Film Pembuat Bom Atom

Film garapan Hamy Ramezan berhasil memperoleh beberapa penghargaan salah satunya Berlin Internasional Film Festival 2021.

Sutradara Hamy Ramezan pada tanggal 16 September lalu sempat mengikuti sesi Bincang Film (Film Talk), yang menandakan bahwa film asal Finlandia ini ikut ditayangkan dalam Festival EoS.

“Kami bangga tahun ini film Finlandia terpilih sebagai film pembuka Euorpe on Screen Online Edition 2021” ujar Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari.

EoS 2021 menghadirkan kompilasi tiga film pendek karya pemenang Short Film Pitching Project (SFPP) 2020, yang menjadi ajang kompetensi prestasi ide tahunan ketika festival berlangsung. Kompilasi film pendek ini dapat ditonton pada tanggal 22 September 2021.

Dalam festival tahun ini, delapan finalis terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia akan berkompetisi dalam SFPP 2021 pada tanggal 24 September pukul 09.00 WIB.

Kali ini Kamila Andini, Yosep Anggi Noen dan Edwin Nazir terpilih menjadi juri SFPP 2021.

Selain diskusi bersama para pembuat film, EoS 2021 juga menyelenggarakan webinar tentang identitas gender pada tanggal 21 September pikul 19.00 WIB. Webinar berjudul “Sistem Pendukung untuk Penerimaan Gender”, webinar ini fokus pada dua film yang akan ditayangkan di EoS 2021 yang akan menjadi pemantik webinar tersebut.

Film yang akan menjadi bahan diskusi tersebut berjudul “A Perfectly Normal Family” asal Denmark dan “Little Girl” asal Perancis.

Sebelum festival EoS berlangsung, serangkaian acara telah dilangsungkan secara virtual melalui Instagram Live dan lokakarya film sejak Juli 2021 sebagai bagian dari program Road to Europe on Screen 2021.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan