Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY 2022-2027

ABOUTSEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi kembali melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta Senin, (10/10).

Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sultan HB X dan Paku Alam X dalam acara pelantikan, Senin, (10/10).

Pelantikan keduanya berdasarkan surat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 90P tahun 2022 tentang pengesahan pemberhentian dan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Dengan rahmat Tuhan YME, Presiden mengesahkan penetapan dalam jabatan terhitung sejak saat pengucapan sumpah janji masing-masing. Satu, saudara Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur DIY. Dua, saudara KGPA Aryo Paku Alam ke-10 sebagai Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027,” demikian bunyi Kepres tersebut.

Ketua DPRD DIY Nuryadi mengungkapkan dengan penetapan ini, tugas DPRD DIY telah sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY dan Perdais Tata Cara Penetapan Gubernur dan Wagub DIY.

Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode ini berakhir pada 10 Oktober 2022. Selanjutnya, Sultan dan Paku Alam yang bertakhta akan dilantik sebagai pasangan kepala daerah DIY tanpa pemilihan umum seperti halnya daerah lain.

Ini sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Keistimewaan DIY Nomor 13 Tahun 2012, di mana jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dilakukan dengan penetapan, bukan pemilihan.

BACA JUGA :   Tanda Tangani Keppres Nomor 7 Tahun 2021, Presiden Jokowi Resmi Berikan Cuti Bersama Untuk ASN

Dalam pelantikan ini, keluarga dari Sultan HB X turut hadir seperti GKR Mangkubumi, GKR Bendara, dan GKR Maduretno. Adapun Sultan HB X terakhir kali dilantik Jokowi pada 10 Oktober 2017.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah atau LKPP untuk periode yang sama, 2022-2027. Hendrar juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, seperi halnya Jokowi.

Hendrar Prihadi dilantik menggantikan posisi yang semula dipegang oleh Abdullah Azwar Anas. Azwar Anas yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sebelumnya dilantik Jokowi menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Sejumlah pejabat lain juga hadir dalam pelantikan ini. Mulai dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan