Hari Ini! Ujian Praktik SIM C dengan Kurikulum Terbaru Mulai Berlaku Serentak di Seluruh Satpas

ABOUTSEMARANG – Kurikulum ujian praktik SIM C terbaru mulai diterapkan serentak di semua Satpas Polda di seluruh Indonesia hari ini Senin, 7 Agustus 2023.

Seperti diketahui, penerapan kurikulum terbaru tersebut sebagai bentuk jawaban dari Korlantas Polri kepada masyarakat yang mengeluhkan sulitnya ujian praktik SIM C dengan kurikulum yang lama.

Dalam kurikulum terbaru, proses ujian SIM C dipermudah melalui beberapa tahapan simplikasi.

Adapun ujian SIM C dengan pola angka 8 dan zig-zag dihapus dan diganti dengan pola berbentuk S dalam kurikulum terbaru.

Sementara untuk ukuran lintasan juga diperlebar, dari yang mulanya hanya 1,5 kali lebar kendaraan, kini menjadi 2 kali lebar kendaraan.

Sebelumnya, ujian praktik SIM C dengan kurikulum terbaru sempat diuji cobakan pada Jumat, 4 Agustus 2023 lalu di Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot.

Sedangkan untuk informasi mengenai kurikulum terbaru pada ujian praktik SIM C juga sudah disosialisasikan di semua Satpas Polda di seluruh Indonesia.

Untuk uji coba penerapan ujian praktik SIM C dengan kurikulum terbaru dinilai sudah memenuhi ekspektasi dalam hal menguji kompetensi peserta.

Irjen Pol Firman Shantyabudi selaku Kepala Korlantas Polri, menganggap kurikulum terbaru ini sudah sangat mudah dan ringkas.

“Kami (Korlantas) sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM, intinya dipermudah,” ujarnya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Untuk kedepannya, dia mengharapkan para peserta ujian praktik SIM C tidak akan mengeluhkan lagi soal adanya kesulitan, yang berkaitan dengan pola lintasan.

“Sudah jauh dipermudah dan ini semua diadakan untuk memastikan mereka yang di jalan terampil, mengetahui aturan lalu lintas, dan berperilaku memakai jalan sebagaimana yg kami (Korlantas) harapkan,” ujar Firman.***

Petugas menjelaskan jalur baru yang digunakan saat uji coba kurikulum baru ujian praktik SIM di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Sharing:

BACA JUGA :   Syarat Urus SIM, STNK dan SKCK Wajib Punya Kartu Peserta BPJS Kesehatan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan