Heboh Keluhan Harga Tiket Kereta Api Mahal Saat Libur Nataru, Begini Penjelasan PT KAI

ABOUTSEMARANG – Jagad media sosial Twitter heboh dengan tweet berisi keluhan soal harga tiket kereta api untuk libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) yang dianggap semakin mahal.

Adapun cuitan salah satu akun yang diunggah di kolom komentar akun @jalur5_ pada Senin, 5 Desember 2022 lalu tertulis soal keluhan mahalnya harga tiket kereta api untuk libur Nataru.

“Tiket KA nataru mihil, Min. Di kelas eksekutif harga terendah, bisa selisih 30-50 ribu dibanding biasanya,” demikian tulis akun Twitter itu.

Sementara itu, akun Instagram @jalur5 lantas mengunggah tangkapan layar tentang keluhan dari netizen tersebut.

“Sebuah keluhan terkait mahalnya tiket KA @kai121_ @keretaapikita untuk periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Jadi, mau tetap liburan?” tulis keterangan unggahan Instagram @jalur5.

Lantas benarkah PT Kereta Api Indonesia (KAI) memang menaikkan harga tiket kereta api periode libur Natal dan tahun baru?

Menanggapi hal tersebut, pihak PT KAI pun akhirnya angkat bicara dan memberikan penjelasan terkait harga tiket yang dianggap naik saat libur Nataru.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif kereta api.

Joni menjelaskan bahwa tarif kereta api komersial memang bersifat fluktuatif menyesuaikan dengan demand atau permintaan dari pelanggan.

“Tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB)-Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan,” ujarnya, kepada Kompas.com, Selasa (6/12/2022).

Joni menambahkan, namun untuk kereta api-kereta api yang sifatnya PSO atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap sesuai yang telah ditentukan pemerintah.

BACA JUGA :   KAI Sediakan Angkutan Gratis Bagi Pemudik Motor ke Berbagai Tujuan, Termasuk Semarang?

Untuk memberikan alternatif, KAI juga menjual tiket ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan subkelas.

“Tujuannya agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Kemudian soal tarif khusus kereta api, KAI juga menyediakannya di mana pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan kereta api tertentu.

Tiket, jelas Joni, juga dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

Ia melanjutkan, dalam rangka untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, KAI juga rutin menyediakan event promo diskon tiket.

“Serta menyediakan tarif reduksi bagi lansia, infant, wartawan, dan berbagai instansi lainnya,” tutupnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan