Hendrar Prihadi Dorong Transaksi Katalog Lokal di Kabupaten Banjarnegara Bagi UMK-Koperasi

ABOUTSEMARANG – Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi mendorong keterlibatan aktif Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Banjarnegara untuk membeli hasil produksi usaha mikro, kecil dan koperasi (UMK-Koperasi) di wilayahnya yang telah tayang pada katalog lokal Kabupaten Banjarnegara.

Hal tersebut diungkapan oleh Kepala LKPP dalam kesempatannya berdialog bersama dengan seluruh kepala organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Hendi sapaan akrabnya yang hadir bersama jajaran Pejabat Eselon 2 dan 3 di Lingkungan LKPP ini disambut secara langsung oleh Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto.

Saat ini Kabaputen Banjarnegara telah memiliki 17 etalase dalam katalog lokal, kepala LKPP optimis transaksi pembelian dapat lebih ditingkatkan.

Dalam sambutannya, Kepala LKPP mengutip pidato presiden Joko Widodo terkait dengan potensi ekonomi Indonesia yang akan masuk dalam 5 besar dunia pada 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka.

Untuk itu sejak saat ini pemerintah menggalakan berbagai kebijakan strategis dan inovatif sebagai upaya penguatan ketangguhan ekonomi Indonesia.

“Pajak kita untuk kita, perlu dukungan dari kita dalam realisasi anggaran tersebut, sehingga tidak hanya dari dan untuk kita, namun juga oleh kita. Oleh karena itu, dalam realisasi anggaran tersebut kita bisa mulai memprioritaskan untuk membelanjakannya pada produk dalam negeri, produk dari daerah kita, sehingga membantu perputaran uang di daerah kita” ujar Hendi dalam sambutannya. Salah satu kontribusi terbesar dari pengadaan barang/jasa pemerintah ada pada peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Katalog Elektronik Lokal sendiri saat ini dikembangkan untuk mendukung terciptanya transparansi dalam proses transaksi pengadaan dari tiap daerah yang memiliki katalog lokal.

BACA JUGA :   Demi Majukan UMKM, KADIN Semarang Gandeng Akademisi dan Praktisi Untuk Pendampingan

Pemanfaatan katalog lokal juga mendorong program pemerintah untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, dengan potensi menciptakan lapangan pekerjaan.

Senada dengan hal tersebut Pj Bupati Banjarnegara menyampaikan harapannya bahwa melalui acara ini semangat untuk menggunakan katalog lokal oleh pemerintah daerah akan semakin digiatkan, sehingga mendukung berkembangnya UMK-Koperasi dari Kabupaten Banjarnegara.

LKPP telah memangkas proses tayang produk pada sistem katalog sejak awal tahun 2022 dengan harapan memberikan peluang untuk berbagai usaha UMK-Koperasi daerah dapat dengan mudah menayangkan produknya pada Katalog Lokal maupun Katalog Nasional.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan