Hendrar Prihadi Jadi Ketua LKPP, Ini Riwayat Kerja dan Karir Politiknya

ABOUTSEMARANG – Hendrar Prihadi disebut-sebut akan dilantik sebagai kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP).

Berikut ini riwayat pekerjaan dan karir politik Hendrar Prihadi sebelum dan sesudah menjadi Wali Kota Semarang.

Hendrar Prihadi sudah menjabat sebagai Wali Kota Semarang sejak tahun 2013. Pria yang akrab disapa Hendi ini lahir di Semarang pada 30 Maret tahun 1971 dan merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara dari orang tua bapak Sunarso dan ibu Sunarti.

Hendi dalam unggahan di akun instagram mengaku menapaki karir sebagai seorang sales. Terkait hal itu Hendi memang pernah menjadi karyawan CV Daya Prima yang bergerak di bidang alat kesehatan pada tahun 1996, dimana Hendi saat itu berada dalam divisi penjualan kaca mata.

Setelah sempat beberapa kali berpindah kerja, Hendi memilih untuk fokus menjadi pengusaha, dimana pada tahun 1999 Hendi menjadi direktur CV Sinar Mulia yakni perusahaan yang didirikannya sendiri.

Pada tahun 2009 Hendi memutuskan meninggalkan dunia usaha setelah terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Seperti hal di dunia kerja, karir politik Hendi juga terhitung maju pesat. Selang setahun menduduki kursi legislatif, Hendi kemudian naik menjadi Wakil Wali Kota Semarang di tahun 2010.

Posisi tersebut pun tidak lama dijabatnya, karena setahun kemudian Hendi justru diamanahi menjadi pelaksanan tugas Wali Kota Semarang pada tahun 2011.

Selanjutnya, di tahun 2013 pria asal daerah Lempongsari Kota Semarang itu ditetapkan sebagai Wali Kota Semarang.

BACA JUGA :   Wali Kota Semarang Ingin Pembangunan Simpang Lima Kedua Matang

Setelah itu Hendi kemudian mengikuti 2 kali pemilihan Wali Kota Semarang dimana selalu dimenanginya dengan persentase suara besar.

Bahkan saat pemilihan Pilwalkot Semarang tahun 2020, Hendi berhasil memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah itu dengan persentase 91,57%.

Bulatnya masyarakat Kota Semarang dalam memberikan dukungan kepada Hendi itu pun tak lepas dari prestasi kerjanya yang berhasil melakukan berbagai lompatan pembangunan di kota kelahirannya.

Salah satunya yang dirasakan masyarakat yakni peningkatan ekonomi di ibu kota Jawa Tengah. Hal itu diwujudkannya dengan membangun Kota Semarang sebagai salah satu kota tujuan wisata teratas di Indonesia.

Hendi juga berhasil membawa Kota Semarang sebagai kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

Apresiasi yang datang dari pemerintah pusat itu pun kemudian membuat Kota Semarang menjadi role model oleh banyak pihak, hingga kunjungan studi banding dari berbagai daerah menjadi hampir setiap hari dilakukan di Balaikota Semarang.

Tidak hanya dalam pembangunan kota, prestasi Hendi dalam melakukan reformasi pelayanan publik juga diakui di tingkat nasional, dimana pemerintah pusat menobatkan Hendi sebagai pembina pelayanan publik terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019.

Selain itu, peraih penghargaan Anti-Gratifikasi Awards KPK RI tahun 2013 dan 2014 ini juga sempat menarik perhatian publik karena terpilih sebagai ‘Best City Manager’ atau Manajer Kota Terbaik oleh lembaga internasional Europe Business Assembly pada tahun 2014.

Itulah riwayat pekerjaan dan karir politik Hendrar Prihadi sebelum dan sesudah menjadi Wali Kota Semarang.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan