IGD RSWN Sepi, Tren Kasus Covid-19 di Kota Semarang Mulai Turun

ABOUTSEMARANG – Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD KRMT Wongsonegoro (IGD RSWN) mulai sepi sejak minggu lalu. Kondisi ini seiring dengan turunnya kasus Covid-19 di Kota Semarang.

Kepala Ruang IGD RSWN, Diah Setyorini membenarkan kondisi ruangannya mulai sepi.

“Kondisi IGD RSWN sudah relatif lebih kondusif, pasien isolasi sudah bisa masuk ke ruang kohorting semua ada 4 pasien dan pasien non Covid sudah kita bagi ke ruang non-isolasi di sayap kanan,” kata Diah dikutip RMOLJateng, Selasa (27/7).

Diah menerangkan jika saat ini sudah tidak ada lagi pasien yang menunggu di IGD untuk memasuki ruang perawatan. Baik ruang rawat isolasi maupun ruang rawat inap biasa semua bisa menampung pasien dengan segera.

“Ruang isolasi kami di sayap kiri ini semuanya untuk pasien isolasi bisa masuk semua, sedangkan rawat inap juga bisa langsung masuk jadi tidak ada indent di ruang IGD,” ungkapnya.

Menurut Wakil Direktur Umum RSWN, Eko Krisnarto, pihaknya sudah menutup dan mengubah lima ruang isolasi berkapasitas 110 tempat tidur menjadi ruang rawat inap biasa nonCovid-19.

“Ada 5 ruangan dengan total 110 TT (tempat tidur) yang kemarin dipakai untuk ruang isolasi sekarang sudah kembali diubah menjadi ruang non-isolasi, jadi sekitar 30 persen untuk penurunan pasien,” jelas Eko.

Eko menyebut saat kasus Covid-19 melonjak diawal bulan Juli, IGD RSWN menerima hingga 512 pasien. Dan kini menurun hingga 230-an pasien Covid-19 yang dirawat.

“ICU isolasi kita masih tetap penuh ada 52 orang, karena banyak rumah sakit lain yang merujuk ke ICU kami,” tandasnya.

Sementara itu, Tren angka kasus Covid-19 di kota Semarang terus turun akibat dari penerapan PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 yang saat ini masih berlaku.

Dari data siagacorona.semarangkota.go.id hingga Selasa (27/7) tercatat 1.003 pasien dari kota Semarang, dan 541 pasien dari luar kota Semarang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus sudah terjadi penurunan angka 1.544 kasus. (ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan