Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo Dikritik

ABOUTSEMARANG – Netizen ramai menyerbu akun media sosial Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Nama Ganjar juga menjadi trending di akun media sosial Twitter dengan lebih dari 23 ribu tweet.

Melalui kolom komentar, netizen mengungkapkan kekecewaan mereka atas pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah oleh FIFA lantaran polemik Israel.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan banyak pihak yang pro dan kontra atas hadirnya Timnas Israel di Indonesia sebagai salah satu negara yang lolos kualifikasi Piala Dunia U-20.

Ganjar Pranowo menjadi salah satu orang yang melontarkan penolakan atas hadirnya timnas Israel sebagai salah satu tim yang akan bermain di Indonesia.

Orang nomor satu di Jateng ini mengungkapkan bahwa sikap penolakannya itu berlandaskan amanat Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno terkait kemerdekaan Palestina.

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret 2023.

“Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel,” imbuhnya.

Pernyataan penolakan dari Ganjar Pranowo kemudian membuat polemik terkait Timnas Israel menjadi semakin memanas.

Akibat mendengar banyak penolakan terutama datang dari para pejabat Indonesia, FIFA kemudian memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Lantaran hal tersebut, Ganjar kemudian dikritik habis-habisan oleh netizen. Banyak netizen menyalahkan Ganjar atas keputusan FIFA membatalkan keterlibatan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

BACA JUGA :   Nasib Liga 1 2022 Makin Tak Jelas, Rencana Digelar Kembali 2 Desember Batal

“Puas gak pak udah ngancurin mimpi anak bangsa? Soekarno this soekarno that padahal soekarno sendiri yang pengen Indonesia dipandang di mata dunia internasional, dan ya sekarang gara2 statement gak bertanggung jawab itu jadinya nama Indonesia jadi jelek deh di mata dunia, sukses!” cuit akun @mf***.

“Gara-gara sampeyan pak, gagal nonton piala dunia di negara sendiri. Bayangkan tahun kapan lagi Indonesia bisa masuk Piala Dunia,” komentar netizen lain.

“Inpo syukuran Pak. Selamat !!! Misi anda berhasil mengubur impian seluruh pecinta sepak bola Indonesia,” cuit netizen lain dalam kolom komentar.

Perlu diketahui, FIFA telah secara resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu, 29 Maret 2023 pukul 22.00 WIB.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis FIFA dalam rilisnya.

Selain itu, Israel sendiri sebelumnya telah memastikan diri sebagai kontestan Piala Dunia U-20 2023 pada 25 Juni 2022. Itu setelah mereka menjadi runner up Grup B Piala Eropa U-19 2022 atau lolos ke babak semifinal.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan