Info Lur! Kuota Program Mudik Gratis Jakarta-Semarang Lewat Jalur Laut Masih Tersedia

ABOUTSEMARANG – Program mudik gratis Jakarta-Semarang lewat jalur laut disediakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Nantinya pemudik akan diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan kapal KM Dobonsolo.

Terkait kuota, per 24 Maret 2023 diketahui masih ada sisa bagi pemudik yang berminat mengikuti program mudik gratis lewat jalur laut Kemenhub.

Untuk keberangkatan tanggal 15 April 2023, sisa kuota untuk penumpang adalah 2.142. Sementara sisa kuota untuk sepeda motor sebanyak 1.088.

Lalu untuk keberangkatan 17 April 2023, sisa kuota adalah 707 untuk orang, dan 469 untuk sepeda motor.

“Per hari ini untuk arus mudik tanggal 15 April itu yang mendaftar motor ada 160, orang ada 352. Jadi masih ada sisa kuota motor 1.088 dan orang 2.142,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi dalam media briefing di Kantor Kemenhub, Jumat, 24 Maret 2023.

Sementara itu, untuk arus balik Semarang-Jakarta tanggal 28 April, masih menyisakan kuota 913 untuk orang dan 535 slot untuk motor. Dan untuk arus balik tanggal 25 April masih tersisa 991 untuk motor, dan 1.860 untuk orang.

Layanan mudik gratis ini, menurut Antoni, adalah upaya Kemenhub untuk menekan jumlah kecelakaan di jalan raya saat mudik lebaran.

Program ini juga bertujuan untuk mengalihkan pemudik pesepeda motor di jalur Pantura.

“Ini upaya pengalihan pemudik pesepeda motor di jalur Pantura. Ini juga untuk menurunkan angka kecelakaan. Ini memang sangat rentan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Segera Daftar! Pemprov Jateng Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Ini Syarat dan Jadwalnya

Pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak Kamis, 23 Maret 2023. Kemenhub membuka pendaftaran secara online, dan pendaftaran secara offline di Tanjung Priok.

Masyarakat bisa mendaftar online di https://mudikgratis.dephub.go.id. Sedangkan pendaftaran offline dilakukan hingga 16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok dan Gedung Cipta lantai dasar Kemenhub, Jakarta.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan