Ini Alasan Jadwal Liga 1 Musim 2021/22 Baru Dirilis 3 Laga

ABOUTSEMARANG,- PT Liga Indonesia Baru belum bisa mengumumkan jadwal Liga 1 2021/22 secara penuh. “Baru dirilisnya tiga pertandingan pembuka Liga 1 2021/2022 mengikuti saran dan arahan dari pemerintah”, ucap Akhmad Hadian Lukita Direktur Utama PT LIB.

Tiga laga perdana Liga 1 2021 akan menjadi penentu nasib kompetisi selama satu musim ke depan. Pemerintah mau memantau pelaksanaan protokol kesehatan di laga-laga itu.

Liga 1 akan dibuka dengan laga Bali United melawan Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 27 Agustus 2021. Lalu Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8)

Terakhir, ada Bhayangkara FC versus Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang pada 29 Agustus 2021. Cuma tiga pertandingan itu saja yang dirilis PT LIB pada H-3 jelang kick off Liga 1.

Rencana awalnya, jadwal kompetisi semusim penuh akan dirilis maksimal pada H-7 atau pada, Jumat, 20 Agustus lalu. Namun, pertemuan PT Liga Indonesia Baru dengan Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan menghasilkan beberapa perubahan, salah satunya soal jadwal kompetisi Liga 1 2021.

BACA JUGA : Bali United Kalahkan Persik Kediri di Laga Pembuka Liga 1 Indonesia, Ini Susunan Pemain

“Ini memang kan saran dari pemerintah, arahan dari pemerintah. Pak Luhut juga sudah bilang semalam, memang kami mengajukan seperti biasa satu hari tiga pertandingan, biar satu pekan semua main,” kata Akhmad Hadian Lukita, Selasa, (24/8)

Namun, kata Hadian Lukita, jadwal yang diberikan PT LIB Ke Koordinator PPKM masih harus dievaluasi.

“Takut ada sesuatu yang apa lah, karena masih kekhawatiran soal pandemi. Sehingga akhirnya hanya diberi izin satu hari satu pertandingan,” ujar Hadian.

Adapun skema penjadwalan pekan pertama ini juga sebelumnya sudah diisyaratkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Saat mengumumkan izin penyelenggaraan kompetisi di Mabes Polri, Senin, 23 Agustus, Listyo menyebut bahwa pemerintah mau melihat tiga pertandingan untuk dijadikan contoh penyelenggaraan.

Jika dianggap gagal karena terjadi sesuatu yang tak diinginkan, bisa saja izin kompetisi akan dipertimbangkan ulang. Tiga laga pertama Liga 1 akan menjadi penentu nasib kompetisi semusim ke depan.

“Pertandingan akan didampingi oleh beberapa pihak yang akan melihat dan untuk dievaluasi, karena dari tiga pertandingan ini diputuskan minggu depan lanjut atau tidaknya,” ucap Hadian Lukita.

“Ya, mudah-mudahan tiga pertandingan ini lulus dan Liga jalan lagi seperti biasa. Kan ada beberapa hal yang baru, aplikasi PeduliLindungi sama beberapa protokol kesehatan yang lebih ketat adanya PCR test,” kata dia menambahkan.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan