Ini Cara Perpanjang SIM Lewat Aplikasi SINAR

ABOUTSEMARANG – Bingung mau perpanjang surat izin mengemudi (SIM)? Tenang, saat ini perpanjangan SIM dapat dengan mudah dilakukan secara daring.

Mau tahu bagaimana cara perpanjang SIM secara daring? Simak penjelasan berikut ini.

Sebelum itu perlu diingat bahwa masa berlaku SIM adalah 5 tahun setelah tanggal SIM tersebut.

Pengemudi kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM, atau masa berlaku SIM-nya habis, dapat dikenakan denda maksimal Rp 1 juta atau pidana kurungan paling lama 3 bulan.

Untuk memperpanjang SIM, masyarakat bisa menggunakan aplikasi rilisan Korlantas Polri, yaitu Digital Korlantas Polri, lalu memilik layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) melalui aplikasi tersebut.

Langkah yang harus dilakukan, pertama pemohon mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri melalui Google Play Store di Android. Untuk saat ini, aplikasi tersebut belum tersedia untuk pengguna iOS.

Kemudian, masukkan nomor ponsel dan email untuk verifikasi identitas. Lalu, masukkan NIK dan nama lengkap sesuai identitas pada KTP pemohon, untuk diverifikasi melalui face recognition. Jika sudah dinyatakan valid, maka layanan pembuatan dan perpanjangan SIM daring bisa digunakan.

Untuk memperpanjang SIM, pilih ikon “SINAR” dan pilih opsi perpanjangan SIM. Pemohon akan diminta untuk memilih golongan SIM, unggah foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan, serta pas foto yang dilengkapi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi pemilik.

Pemohon bisa memilih metode pengambilan SIM, yaitu diambil sendiri, diambil oleh wakil dengan surat kuasa, atau dengan jasa pengiriman. Pembayaran dilakukan dengan melalui virtual account BNI.

Sementara itu, apabila memperpanjang SIM secara daring, tes kesehatan bisa dilakukan melalui https://erikkes.id. Sementara itu, pemeriksaan psikologi dilakukan dengan menggunakan E-PPsi yang tersedia di layanan SINAR.

BACA JUGA :   Intip Biaya Pembuatan SIM A Hingga SIM C Serta Biaya Tes Psikologi dan Kesehatan

Tes psikologi melalui E-PPsi juga bisa dilakukan secara langsung melalui laman https://eppsi.id.

Dokter yang bisa dikunjungi oleh pemohon merupakan dokter yang sudah direkomendasikan oleh Pusdokkes Polri. Rekomendasi ini tersedia di aplikasi SINAR.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan