Ini Daftar Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Paling Banyak Dikunjungi

ABOUTSEMARANG – Selama libur Lebaran 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mencatat ada sebanyak 3.953.914 wisatawan domestik yang mengunjungi berbagai objek wisata di Jateng.

Tak hanya itu, Pemprov Jateng juga mencatat ada sejumlah destinasi wisata favorit wisatawan yang dikunjungi selama periode tersebut.

Berikut ini daftar destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik di Jawa Tengah selama periode libur Lebaran 2023 :

  • Masjid Raya Syeikh Zayed Solo sebanyak 310.000 orang
  • Kota Lama Semarang 199.196 orang
  • Candi Prambanan 98.475 orang
  • Candi Borobudur 93.552 orang
  • Kawah Sikidang di Banjarnegara 80.649 orang.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng Setyo Irawan, mengatakan jumlah okupansi hotel di Jateng selama libur Lebaran pun diperkirakan mencapai 65 persen.

Adapun persentase tersebut terhitung dari rata-rata jumlah tamu menginap pada periode 19-26 April 2023, sebanyak 741 orang per hotel dan rerata menginap 1,5 hari.

“Kalau multiplier effect kami sudah melakukan studi rerata wisatawan mengeluarkan Rp3,6 juta untuk ongkos berwisata,” ujarnya.

Setyo mengatakan, untuk wisatawan mancanegara, ada beberapa destinasi yang menjadi incaran seperti Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Taman Candi Prambanan di perbatasan Klaten-Sleman, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, Punthuk Setumbu di Kabupaten Magelang, Candi Mendut dan Pawon di Kabupaten Magelang, dan Candi Plaosan di Kabupaten Klaten juga menjadi pilihan destinasi wisata favorit.***

Sharing:

BACA JUGA :   3 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang, Cocok untuk Spot Libur Akhir Pekan!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan