Ini Profil Brigjen Pol Indra Jafar, Pihak Polisi yang Pernah Tangani Kasus Vina

ABOUT SEMARANG – Simak selengkapnya pada artikel ini untuk temukan informasi lebih lanjut mengenai profil Brigjen Pol Indra Jafar lengkap dengan biodatanya.

Brigjen Pol Indra Jafar, S.H, S.I.K, M.Si adalah seorang perwira tinggi (Pati) di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Diketahui ia pernah menangani kasus yang baru-baru ini diangkat menjadi film bioskop yakni Vina: Sebelum 7 Hari.

Vina: Sebelum 7 Hari merupakan film bioskop terbaru yang diadopsi dari kisah nyata kejadian pembunuhan Vina yang terjadi pada tahun 2016 lalu di Cirebon.

Saat menangani kasus tersebut, Pol. Indra masih menjabat sebagai AKBP.

Selama kariernya, Brigjen Indra Jafar pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Cirebon Kota.

Brigjen Pol Indra Jafar juga menarik perhatian publik karena menjadi muazin pada salat Jumat di Aksi 212 atau Aksi 2 Desember 2017.

Rekam jejak Brigjen Indra Jafar sangat mengesankan.

Brigjen Pol Indra Jafar diamanahkan untuk mengemban jabatan sebagai Kabagproggar Rojianstra Sops Polri, posisi yang telah dipegangnya sejak Januari 2024.

Jenderal asal Malang ini juga pernah menjadi komandan upacara penurunan bendera saat HUT ke-72 RI.

Kehidupan Pribadi dan Pendidikan

Brigjen Indra Jafar lahir di Kota Malang, Jawa Timur, pada 16 April 1974. Ia beragama Islam dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995, satu angkatan dengan Irjen Pol. Dr. H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum.

Pendidikan kepolisian yang pernah ditempuhnya meliputi Dikjur Das PA Intel (1996), Dikjurdas Perwira Lantas (1997), Jur Lan PA Reg Ident Lantas (1998), PTIK (2006), dan Sespimmen (2012).

BACA JUGA :   Sebut Masih Ada Kejanggalan, Hotman Paris Desak Kapolda Jabar Selidiki Ulang Kasus Pembunuhan Vina

Indra juga menyelesaikan studi S-1 Ilmu Hukum dan S-2 Kajian Ilmu Kepolisian di Universitas Indonesia (UI). Nama lengkap beserta gelarnya adalah Brigjen Pol. Indra Jafar, S.H., S.I.K., M.Si.

Perjalanan Karier

Karier Brigjen Pol Indra Jafar sangat luas di kepolisian tanah air, dengan berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara yang pernah dipegangnya.

Ia memulai kariernya sebagai Pama Polres Hulu Sungai Tengah Polda Kalsel pada tahun 1996. Sejak itu, kariernya terus menanjak, dengan posisi seperti Kasatlantas Polres Metro Jaktim (2006), Kasistnk Subditregident Ditlantas Polda Metro Jaya (2009), dan Wakasat PJR Dit Lantas Polda Metro Jaya Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya (2008).

Indra Jafar juga pernah menjabat sebagai Kasibpkb Subditregident Ditlantas Polda Metro Jaya (2009), Koorspripim Polda Metro Jaya (2011), dan Pamen Polda Metro Jaya (2012).

Pada tahun 2014, ia ditunjuk sebagai Kasat PJR Ditlantas Polda Jabar dan di tahun yang sama dimutasi menjadi Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Kapolres Cirebon Kota dan kemudian ditunjuk sebagai Wadirlantas Polda Metro Jaya pada tahun 2016.

Pada tahun 2017, Indra Jafar dipercaya sebagai Kabidpropam Polda Jatim, dan setahun kemudian diangkat menjadi Kapolres Metro Jaksel. Pada tahun 2019, ia menjabat sebagai Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri sebelum akhirnya diangkat sebagai Kabagproggar Rojianstra Sops Polri pada tahun 2024.

Biodata

Nama: Indra Jafar

Tempat dan tanggal lahir: Malang, Jawa Timur, 16 April 1974

Agama: Islam

Profesi: Pati Polri

Pangkat: Brigjen

Itulah informasi mengenai profil dari Brigjen Pol Indra Jafar, S.H, S.I.K, M.Si salah satu polisi yang menangani kasus Vina.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan