Intip Indahnya Sunset di Pantai Tirang Semarang, Tiket Masuk, Rute dan Jam Buka

ABOUTSEMARANG – Salah satu wisata bahari favorit di Semarang yakni Pantai Tirang, tepatnya berada di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani.

Pantai Tirang memiliki beragam daya tarik tersendiri yang dapat memikat pengunjung. Pantai Tirang juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset dan memancing karena, ada beragam ikan di kawasan ini, seperti kakap putih, mujair, blanak, kiper, rusah-rusah, ikan sembilan, dan ikan dokan.

Namun, pengunjung tidak boleh memancing bandeng dan udang, sebab dua jenis ikan ini sengaja ditanam untuk pembibitan.

Selain itu Pantai Tirang juga dihiasi pohon mangrove yang tumbuh di sekitar area Pantai Tirang. Para wisatawan juga bisa menikmati bervariasi keindahan dari banyaknya jenis terumbu karang yang hidup di sekitar wilayah pantai.

Luas pantai yang mencapai 240,70 hektar ini populer dengan keindahan pantainya yang membuat wisatawan terpukau saat memandang ombak yang menggulung. Ombak di pantai tersebut tidak terlalu besar dan sangat cocok untuk kamu yang suka bermain air dan berenang.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Tirang adalah pada sore hari. Keindahan sunset menjadi pemandangan yang menarik ditambah dengan landasan pacu yang letaknya berdekatan dengan pantai.

Pantai Tirang juga menjadi spot foto menarik untuk pengunjung yang hobi fotografi.

Harga Tiket Pantai Tirang

Untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Tirang akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai tiket parkir. Pantai tersebut hanya bisa dimasuki oleh roda dua sehingga untuk pengunjung yang mengendarai mobil, kendaraan roda empat tersebut bisa diparkirkan di area parkir yang berada di dekat pintu masuk, kemudian untuk pergi ke pantainya, maka pengunjung harus jalan kaki kira-kira 200 meter. Hal tersebut disebabkan aksesnya sangat sulit.

BACA JUGA :   Jalan Kaligawe Semarang Masih Banjir, Ini Rute Alternatifnya

Kawasan pantai menyediakan gazebo dan warung yang memudahkan untuk mencari makanan dan minuman.

Rute Pantai Tirang

Jarak tempuh Pantai Tirang dari pusat Kota Semarang sekitar 13,3 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 32 menit.

Perjalanan akan melalui Jalan Mataram, Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiyopranoto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Siliwangi, Jalan Padma Boulevard, Jalan Adenia Raya, dan Jalan Pantai Tirang.

Pantai Tirang buka setiap hari selama 24 jam.

Berlibur ke Pantai Tirang, sangat seru sekali. Pemandangan yang indah penuh menghiasi pantai berombak tenang itu. Jika ke Jawa Tengah, khususnya kota Semarang Pantai ini sangat cocok untuk kamu berlibur, terutama saat libur panjang. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan