iPhone 14 Plus Pengganti iPhone Mini Meluncur Hari Ini, Begini Spesifikasi dan Harganya

ABOUTSEMARANG – iPhone 14 Plus resmi rilis Kamis dini hari, 8 September 2022 melalui ajang Apple Event.

Peluncuran iPhone 14 Plus bersamaan dengan peluncuran tiga model lainnya yaitu iPhone 14 versi regular, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Diketahui dengan adanya peluncuran iPhone 14 Plus kali ini sekaligus menjadi tanda berakhirnya model iPhone mini seperti jajaran seri sebelumnya yaitu iPhone 12 dan iPhone 13.

“Kami menjadi besar dengan iPhone 14, dan bahkan lebih besar dengan iPhone 14 Plus” kata Kaian Drance, SVP Product Marketing, dalam acara peluncuran.

iPhone 14 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dari iPhone mini sekaligus versi ‘reguler’, yaitu 6,7 inci. Ukuran itu setara dengan ukuran layar iPhone 14 Pro Max atau iPhone 13 Pro Max.

Selain menawarkan ukuran layar yang lebih lebar untuk mengganti model iPhone Mini, terdapat pula beberapa peningkatan lain yang dibawa pada iPhone 14 Plus. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah spesifikasi iPhone 14 Plus.

Di bagian depan, iPhone 14 Plus masih menggunakan desain layar poni (notch) seperti seri pendahulunya. Pada poni tersebut terdapat sensor Face ID, sensor cahaya, dan lain sebagainya. Desain ini juga sama persis dengan iPhone 14 versi ‘reguler’.

Selain sebagai wadah untuk menampung sensor, notch pada iPhone 14 Max juga digunakan untuk memuat kamera selfie beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa (aparture) f/1.9. Kamera ini diklaim dapat menangkap gambar 2x lebih terang dari seri sebelumnya.

BACA JUGA :   Kekurangan iPhone 14 Series yang Cukup Banyak Dikeluhkan Pengguna

Pada layar berbentang 6,7 inci, iPhone 14 Plus dibekali dengan teknologi panel Super Retina XDR Display, dengan tingkat kecerahan maksimal bisa mencapai 1.200 nits ketika sedang melihat konten HDR.

Beralih ke bagian punggung, iPhone 14 Plus secara desain bisa dikatakan mirip juga dengan seri iPhone 13. Pada pojok kiri atas bodi belakang iPhone 14 Plus, terdapat wadah persegi yang menampung dua buah kamera.

Dua buah kamera yang terdapat di wadah tersebut disusun menyilang persis desain pada iPhone 13. Kemudian, di antara dua kamera belakang itu, juga turut disematkan lampu LED flash.

Di sektor kamera, iPhone 14 Plus dibekali dengan dua konfigurasi kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.5) dan kamera ultrawide yang belum disebutkan berapa resolusinya. Kamera utama ini diklaim bisa mengambil gambar 2,5 kali lebih terang dibanding seri sebelumya.

Untuk urusan hardware, iPhone 14 Plus masih dibekali chipset lawas Apple A15 dengan teknologi fabrikasi 5 nm. Untuk diketahui, chip A15 sendiri telah digunakan Apple pada iPhone 13 series.

Kemudian, pada sektor penyimpanan media, iPhone 14 Plus diluncurkan dengan tiga varian kapasitas memori internal, mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. iPhone 14 Plus hadir dalam varian warna Midnight, Blue, Starlight, Purple, dan (PRODUCT) RED.

Untuk fitur konektivitasnya, iPhone 14 Plus sudah didukung dengan akses jaringan seluler 5G. Untuk pertama kalinya, iPhone 14 Plus yang beredar di Amerika Serikat tidak akan dibekali lagi dengan slot kartu SIM (SIM Card).

“Perubahan besar, ini adalah iPhone pertama yang tidak memiliki slot kartu SIM,” kata Caron Thor, Senior Manager, Camera Image Quality Apple.

BACA JUGA :   Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A04s, HP Murah yang Disokong dengan Samsung Exynos 850 SoC

Sebagai gantinya, Apple menerapkan model eSIM (kartu SIM digital) pada iPhone 14 Plus. Namun, penghapusan slot kartu SIM pada iPhone 14 Plus ini belum diketahui apakah bakal diterapkan di luar Amerika Serikat atau tidak.

Pada sektor daya, Apple sayangnya tak menerangkan secara detail mengenai ketahanan atau kapasitas dari baterai iPhone 14 Plus. Apple hanya mengeklaim bahwa baterainya memiliki daya tahan terbaik yang pernah ada di iPhone.

Untuk harga iPhone 14 Plus, dipatok mulai 899 dollar AS (Rp 13,3 juta) di Amerika Serikat. iPhone 14 Plus bisa dipesan mulai 9 September dan tersedia pada 7 Oktober 2022 di beberapa negara, seperti Singapura, Australia, Thailand, dan lain sebagainya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan