Jalan Kaligawe Semarang Masih Banjir, Ini Rute Alternatifnya

ABOUTSEMARANG – Banjir masih menggenang di sejumlah wilayah di Kota Semarang salah satunya di Jalan Kaligawe Semarang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun About Semarang, Jalan Kaligawe Semarang masih belum bisa dilalui oleh kendaraan kecil hingga sedang.

Maka dari itu, bagi pengendara yang ingin berpergian menuju Demak atau Kudus dapat melewati beberapa rute alternatif yang direkomendasikan oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Kalau (alternatif) Jalan Kaligawe, kendaraan roda empat lewat tol saja kalau nggak bisa ambil jalan di Jalan Woltermongisidi, masuk Alastuo dan masuk di Genuk, itu bisa untuk mau ke arah Demak atau Kudus,” kata Kabid Pengendalian dan Penertiban Dinas Perhubungan Kota Semarang, Antonius Haryanto, Minggu, 1 Januari 2023.

Berikut rute bagi pengendara yang terlanjur sampai di simpang GT Kaligawe:

  1. Putar balik ke arah Pelabuhan Tanjung Emas

Di simpang GT Kaligawe sejumlah warga juga sudah bersiaga untuk mengarahkan kendaraan yang terlanjur sampai di lokasi banjir. Pengendara akan diarahkan untuk melawan arus hingga ada area putar balik yang bebas genangan.

  1. Masuk Jalan Ronggowarsito

Jalan Ronggowarsito berada tepat di seberang gerbang Pelabuhan Tanjung Emas. Siang ini jalan tersebut terpantau bebas genangan.

Sampai perempatan, pengendara bisa belok ke kanan dan langsung belok kiri di pertigaan pertama untuk masuk ke Jalan Raden Patah dan belok lagi ke kiri untuk masuk ke Jalan Widoharjo.

  1. Disarankan ke Jalan Dr Cipto hingga Jalan Majapahit

Antonius menyarankan pengguna jalan tidak melewati Jalan Citarum menuju Jalan Arteri Soekarno Hatta. Sebab di sana masih terpantau ada genangan.

BACA JUGA :   Sejumlah Siswa SMP Nasima Berhasil Raih Juara OSKREA 2024

Lepas Jalan Widoharjo, pengendara bisa terus lurus ke Jalan Dr Cipto dan lurus terus hingga perempatan menuju Jalan Majapahit atau di dekat SMP 2 Semarang.

“Tetap lewat Jalan Majapahit ya, jangan lewat arteri (Jalan Soekarno-Hatta) ya, jangan lewat Citarum masih dalam di terowongan itu,” kata Antonius.

  1. Masuk Jalan Woltermongisidi

Di Jalan Majapahit, pengendara bisa lurus terus ke arah Mranggen dan belok kiri di lampu merah menuju Jalan Woltermongisidi atau di dekat ADA Swalayan. Di sana, pengendara tinggal mengikuti jalan tersebut hingga tembus di pertigaan Genuk atau Pasar Genuk.

“Kalau mau ke arah Kota Semarang atau ke Selatan tetap masuk ke arah Genuk, Woltermongisidi itu, di situ ada genangan tapi tidak dalam,” ujarnya.

“Otomatis terjadi ketersendatan karena kendaraan yang menumpuk di situ tapi paling tidak bisa melintas,” pungkasnya.

Itu tadi informasi rute alternatif yang bisa dilewati pengendara untuk menghindari banjir yang masih terjadi di Jalan Kaligawe Semarang. Semoga bermanfaat.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan