Jalan Sriwijaya Baru Diproyeksikan Jadi Pusat Ekonomi Baru Kota Semarang

ABOUTSEMARANG – Pemkot Semarang mulai tancap gas mempercepat pembangunan infrastruktur guna mendukung bangkitnya perekonomian di ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini mengingat selama pandemi Covid-19, Pemkot Semarang harus melakukan relokasi dan refocussing anggaran pembangunan untuk diarahkan pada upaya penanganan pandemi Covid-19 sehingga beberapa pembangunan terpaksa ditunda.

Setelah kondisi semakin terkendali, pembangunan dapat dilanjutkan termasuk pembangunan Jalan Sriwijaya Baru yang telah selesai dibangun dan diresmikan Rabu (2/11) kemarin.

“Ini adalah kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat untuk masyarakat. Kita bisa tunjukkan pada masyarakat bahwa Pemerintah Kota Semarang perhatian pada pembangunan-pembangunan yang tentunya harus mengikuti kondisi jaman sekarang,” ujar Plt. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Peningkatan infrastruktur Jalan Sriwijaya di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) menelan dana 5,7 miliar rupiah, sedangkan untuk pengaspalan dan pembangunan di Jalan Sriwijaya Baru menghabiskan anggaran 12 miliar rupiah.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ita, proyek ini diharapkan mampu menciptakan pusat ekonomi baru khususnya di kawasan Semarang Selatan, agar tidak tersentralisasi di area tengah dan Kota Lama.

Terlebih di ujung timur Jalan Sriwijaya ini akan diproyeksikan sebagai Simpang Lima Kedua, dengan titik sentral Wonderia dan TBRS.

“Jalan baru ini adalah terobosan dari Dinas Pekerjaan Umum untuk mengurai kepadatan lalu lintas, karena di wilayah Sriwijaya ini adalah salah satu titik temu dari wilayah Candi atas, dari Jalan Veteran dan Simpang Lima sehingga memang diperlukan tambahan ruas jalan yang baru. Nantinya juga akan dilanjutkan adanya food culinary yang menjadi pusat UMKM di Kota Semarang. Jalannya sudah bagus tinggal penataan tamannya,” terang Ita.

BACA JUGA :   Sentra IKM Logam Kota Semarang Akan Jadi Destinasi Wisata Baru, Ini yang Dilakukan

“Ini juga bentuk kolaborasi, atas ijin Pangdam IV Diponegoro, Dandim, dan Dinas Sosial Provinsi. Juga teman-teman DPU dan Dishub. Kami menyampaikan matur nuwun atas kolaborasi (pembangunan) jalan ini bisa terwujud,” lanjut Ita.

Peresmian Jalan Sriwijaya Baru ini disambut antusias oleh warga masyarakat Kota Semarang.

Menurut mereka pembangunan jalan ini berguna untuk mengurai kemacetan.

“Biasanya kalau pulang kerja di sini macet. Dengan adanya jalan ini tidak terlalu sumpeklah kasarannya,” ungkap Amel, seorang pengguna jalan.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan