Jalur KA Stasiun Tugu ke Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Agustus Mendatang

Aboutsemarang.Id,- Kabar baik, jalur kereta api (KA) dari stasiun Tugu Yogjakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA (Yogyakarta Internasional Airport) akan beroperasi mulai 17 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Handy Herydhitiawan dalam keterangan pers pada Rabu 28 Juli 2021. Pengoprasian jalur kereta api ke YIA ini merupakan sinkronisasi desain konektivitas dari dan menuju YIA.

Menurut Handy, adanya jalur kereta api stasiun Tugu Yogyakarta ke YIA di Kulon Progo ini akan melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang ada di YIA. Diantaranya suttle bus, taksi bandara, bus DAMRI, kereta dari stasiun terdekat dan sebagainya.

Ia juga mengatakan akses ke bandara Internasional Yogyakarta juga akan lebih mudah melalui jalur darat, apalagi adanya akses jalan tol yang terkoneksi langsung dengan YIA.

Bahkan sudah disepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA, yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dengan Jalan Akses Tol menuju YIA dan Jalan Akses Tol menuju Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh).

Adanya kesepakatan ini sudah disetujui antara Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat DIY, PT Angkasa Pura I (Persero), Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jogjasolo Marga Makmur.

Handy menambahkan bahwa dengan kesepakatan sinkronisasi desain konektivitas jalur tol yang terhubung dengan YIA ini mencakup desai akses simpang susun YIA pada jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA.

Hal ini difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju (exit) Jalan Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh), perincian penanganan simpang akses jalan tol dan hal-hal lainnya.

Handy mengaku Angkasa Pura I selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bandara yang dikelola, termasuk dengan penyediaan fasilitas dan peningkatan aksesibilitas menuju bandara.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan