Jelang Akhir Tahun 2023 Kota Semarang Berhasil Raih Lima Penghargaan, Salah Satunya APE

ABOUTSEMARANG – Menjelang akhir tahun 2023 Pemerintah Kota Semarang telah mendapatkan lima penghargaan bergengsi berturut-turut, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Penghargaan tersebut dimulai dengan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Penghargaan APE diterima dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) atas dedikasi dan kebijakan yang dilakukan Pemkot Semarang dalam mendorong kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, pada hari Selasa di Semarang, menekankan bahwa upaya kesetaraan gender di Kota Semarang terus diperkuat dan ditingkatkan dengan melibatkan peran aktif perempuan dalam proses pembangunan.

“Di antaranya dengan meningkatkan peran dan partisipasi aktif kaum perempuan dalam musyawarah perencanaan pembangunan khusus perempuan (Rembug Sang Puan), pelatihan, dan pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi,” kata Wali Kota Semarang itu.

Penghargaan APE 2023 diberikan oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, pada hari Selasa (19/12).

Ini adalah penghargaan ketiga setelah tahun 2018 mendapatkan predikat madya, 2021 mendapatkan predikat utama, dan pada tahun ini mendapat predikat puncak, yaitu mentor.

Ita menuturkan bahwa upaya pemberdayaan perempuan juga dilaksanakan melalui pelatihan bisnis agar mereka dapat menjadi lebih mandiri secara ekonomi.

“Kami juga terus berupaya menghidupkan pertanian perkotaan atau urban farming, UMKM serta berbagai sektor pembangunan,” katanya.

Penghargaan APE yang diperoleh oleh Kota Semarang merupakan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2018, kota ini mendapatkan predikat madya, lalu pada 2021 mendapat predikat utama, dan pada 2023 berhasil mendapat predikat mentor, yang merupakan predikat tertinggi.

BACA JUGA :   Jadwal Bioskop Semarang Hari Ini Selasa, 13 Februari 2024, Banyak Film Horor Tayang!

Selanjutnya, Kota Semarang juga dianugerahi predikat Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA) tahun 2023 oleh Kementerian PPPA. Pemberian ini dilakukan pada Jumat (22/12) dan diberikan karena Kota Semarang dianggap memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, memberdayakan dan melindungi hak-hak perempuan, serta perlindungan anak.

Tidak hanya itu, Kota Semarang juga mendapatkan penghargaan terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah untuk kategori kota terbaik di seluruh Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri.

Tuning Sunarningsih, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Semarang, menjelaskan bahwa penghargaan dari Kemendagri tersebut menunjukkan komitmen bersama Pemkot Semarang dalam mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

“Pemkot Semarang juga selalu berusaha untuk konsisten, sesuai dengan regulasi dan tolok ukur keberhasilan instrumen pengukuran pengelolaan keuangan daerah (IPKD). Dan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) wajib bagi Kota Semarang,” katanya.

Dua penghargaan tambahan diperoleh dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, yaitu KIP Award 2023. Pemkot Semarang berhasil meraih dua kategori prestasi, termasuk peringkat teratas di Jawa Tengah sebagai kota yang paling berdedikasi dalam keterbukaan informasi publik dengan skor 99,63.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro (RSWN) milik Pemkot Semarang mendapatkan pengakuan untuk kategori rumah sakit daerah di kota/kabupaten Jateng.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan