Jelang Libur Nataru, Ruas Tol Trans Jawa Siap Hadapi Lonjakan

ABOUTSEMARANG – Jelang libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), ruas tol Trans Jawa dipastikan siap menghadapi lonjakan pengguna jalan tol.

Hal tersebut disampaikan oleh PT Jasamarga Transjawa Tol melalui Direktur Utama Rudi Kurniadi dalam siaran pers usai gelar pasukan siaga Natal dan Tahun Baru di gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jumat, 16 Desember 2022.

Rudi mengatakan, kondisi yang semakin membaik usai pandemi COVID-19 juga akan berdampak pada peningkatan mobilitas masyarakat, khususnya saat libur Natal dan pergantian tahun.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan adanya potensi pergerakan penduduk saat libur Natal dan pergantian tahun kali ini mencapai 16,35 persen, lebih tinggi di banding tahun sebelumnya yang mencapai 13 persen.

Maka dari itu, ia meminta kesiapan pelayanan operasional di gerbang tol, tempat beristirahat, dan sepanjang tol Trans Jawa dipastikan.

“Perhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian titik rawan,” katanya.

Menurut dia, posko siaga telah disiapkan di tiga titik, masing-masing di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Gerbang Tol Cikampek Utara, dan Gerbang Tol Warugunung.

Kesiapan lain yang juga dilakukan antara lain penambahan kapasitas gerbang tol, penambahan jumlah mobil derek, serta pengaturan ulang sejumlah tempat beristirahat.

Ia mengimbau para pengguna jalan tol yang akan mudik saat libur Natal dan pergantian tahun untuk mengantisipasi perjalanan yang akan dilakukan.

“Pastikan kendaraan dalam kondisi prima serta saldo uang elektronik dan bahan bakar cukup,” katanya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Pemkot Semarang Ungkap Stok Bahan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan