Jelang Pencoblosan Pemilu 2024, Polri Himbau Masyarakat untuk Tetap Jaga Persatuan

ABOUTSEMARANG – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) bersama dengan instansi Kepolisian Daerah (Polda) dan Kepolisian Resor (Polres) telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan keamanan dan geografis dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2024 untuk menjaga keamanan Pemilihan Umum 2024.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, menyatakan bahwa pengamanan terhadap potensi kerawanan dalam Operasi Mantap Brata 2024 diantisipasi melalui pendekatan preemtif dan preventif.

“Dengan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat melalui bhabinkamtibmas, patroli perintis presisi dan asistensi seluruh personel Polri dalam rangka harkamtibmas, serta bekerja sama dengan seluruh stakeholder seperti TNI, Pemda, KPU dan Bawaslu termasuk seluruh elemen masyarakat,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Sandi menyampaikan bahwa sampai saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dengan semua elemen masyarakat.

Lebih lanjut, Sandi menyatakan bahwa Polri telah diberikan tanggung jawab untuk menjaga keamanan guna mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 yang aman, damai, dan berwibawa.

Pada kesempatan tersebut, Sandi mengajak semua elemen masyarakat untuk terus memelihara persatuan dan kesatuan, dengan tujuan bersama menciptakan ketenangan dan kondisi yang kondusif menjelang pemungutan suara hingga terpilihnya kepemimpinan nasional dan anggota legislatif.

“Polri mengucapkan terima kasih kepada semua elemen bangsa yang telah membantu Polri merawat perbedaan preferensi politik masyarakat selama setahun terakhir, namun tetap dalam semangat kekeluargaan dengan menjaga toleransi dan semangat Kebhinekaan dalam frame Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

BACA JUGA :   Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Situasi Jawa Tengah Tetap Kondusif

Selain itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dan memperkuat semangat Kebhinekaan, sambil menunggu pemilihan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang baru.

“Diucapkan terima kasih atas segala masukan dan saran kepada Polri dalam merawat demokrasi selama rangkaian proses Pemilu 2024,” ujarnya.

Terakhir, ia pun memastikan bahwa Polri bersama TNI dan seluruh komponen bangsa siap menjaga keamanan proses pemilu hingga tuntas.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan