JIS Masuk Jadi Kandidat Venue Piala Dunia U-17, Tapi Masih Ada Masalah?

ABOUTSEMARANG – Jakarta International Stadium (JIS) digadang-gadang akan menjadi kandidat lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Namun, stadion yang belokasi di Jakarta Utara itu nampaknya masih memiliki beberapa kendala.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menjelaskan bahwa JIS masih bermasalah soal akses dan lahan parkir.

Basuki menyebut berkaca pada pengalaman konser musik Dewa di JIS, para penonton konser kesulitan saat pulang dari JIS.

Ia bakal berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terkait kesiapan dan evaluasi JIS.

“Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir,” ujar Basuki dikutip dari Antara, Kamis (29/6).

Menurutnya, pengecekan stadion dilakukan setelah ia berkoordinasi terlebih dahulu dengan Erick.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya. Kalau memang perlu direnovasi, direnovasi,” imbuhnya.

Terkait kesiapan stadion-stadion yang sebelumnya untuk Piala Dunia U-20 bisa digunakan bagi Piala Dunia U-17, ia menyatakan stadion-stadion tersebut siap digunakan. Ada 6 stadion disiapkan untuk Piala Dunia U-20, yang berlokasi di Palembang, Jakarta, Solo, Bandung, Bali, dan Surabaya.

Basuki mengatakan stadion-stadion tersebut masih layak karena bagian-bagian pencahayaannya, rumputnya, dan strukturnya semua sudah sesuai dengan standar FIFA. Kalau pun terdapat perbaikan hanya perbaikan-perbaikan kecil.

“Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap, tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan, saya belum tahu kapan FIFA akan melakukan pengecekan,” ujarnya.

BACA JUGA :   PON XX Usai, Sejumlah Pemain Sepak Bola Papua Dilirik Klub Thailand

Soal akses dan lahan parkir JIS juga pernah disinggung Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Ada beberapa kendala JIS yang harus diperbaiki, termasuk soal lahan parkir yang belum memadai dan akses pintu masuk ke pintu timur.

“Ini sebenarnya bukan renovasi ya, jadi kan ada catatan terkait JIS terkait akses timur dan juga kita akan mencari lokasi opsi parkir,” kata Dito yang dikutip About Semarang di Jakarta Barat, Kamis, 29 Juni 2023.

“Karena kereta dan stasiun belum jadi nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS dipakai buat event. Pak Heru (PJ Gubernur Heru Budi Hartono) juga sudah merespons katanya akan ada penataan JIS,” sambung Dito.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan