JobStreet Express Dukung Penyediaan SDM Usia Produktif di D.I. Yogyakarta

ABOUTSEMARANG – JobStreet Express yang merupakan bagian dari JobStreet by SEEK telah hadir dalam gelaran Job Fair yang berlangsung di Transmart Maguwo, Yogyakarta pada 13-15 Juli 2023 lalu.

Kehadiran dari teknologi pencarian kerja terkemuka di Indonesia ini adalah bagian dari strategi untuk memperkenalkan layanan JobStreet Express guna mempertemukan perusahaan dengan pekerja semi-terampil untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai wilayah di Indonesia.

“Potensi lowongan kerja di Yogyakarta dan sekitarnya dari berbagai sektor industri semakin meningkat seiring dengan melonjaknya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke D.I.Yogyakarta dalam beberapa bulan terakhir pasca meredanya pandemi,” kata Woon Hann Khoo, selaku Head of JobStreet Express.

“Kami berupaya merespons hal tersebut dengan membantu para pencari kerja agar bisa memperoleh pekerjaan sesuai bidangnya, di sisi lain pengusaha juga mendapatkan kandidat yang tepat dan cepat,” ungkapnya.

Jumlah penduduk D.I.Yogyakarta mencapai angka 3.668.719 orang dengan persentase penduduk usia produktif menyentuh angka 70,04% (dari data jogjaprov.go.id).

Jumlah tersebut menghadirkan tantangan bersama dalam hal penyediaan lapangan kerja. Positifnya, meningkatnya pariwisata di D.I.Yogyakarta pada 2023 turut mendongkrak permintaan SDM khususnya di bidang ekonomi kreatif, perhotelan, dan hospitality.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 5.017 kunjungan wisatawan mancanegara ke D.I.Yogyakarta pada Maret 2023.

Selain itu dari data yang dihimpun Antara, Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) wisata yang dikelola pemkab/pemkot dan daya tarik wisata yang dikelola swasta dan masyarakat mencatat total pergerakan wisatawan selama libur lebaran 2023 di DIY sebanyak 1.655.814 (1,6 juta) wisatawan domestik.

BACA JUGA :   Apa Itu Fenomena Klitih Hingga #YogyaTidakAman Trending di Twitter

Hal ini turut berdampak positif terhadap Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di D.I. Yogyakarta sebesar 49,60 persen dan TPK hotel non bintang sebesar 17,58 persen.

Tantangan penyediaan lapangan kerja juga menjadi fokus JobStreet Express untuk hadir di wilayah Yogyakarta, sehingga Jobstreet Express berpartisipasi pada Job Fair yang diselenggarakan pada 13-15 Juli 2023 dan dihadiri lebih dari 3.000 pencari kerja.

Hingga saat ini,  berbagai mitra perusahaan dari berbagai industri telah tergabung dalam platform JobStreet Express, mulai dari industri hospitality, industri pariwisata, hingga industri kreatif yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti, Hotel Tentrem Yogyakarta, Hyatt Regency Yogyakarta, Sumberwatu Heritage Group, PT Agrinesia Raya (Bakpia Kukus Tugu), Kawan Lama Group, dan masih banyak lagi.

Hadirnya JobStreet Express dengan lebih dari 20.000 mitra perusahaan di Bali, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, diharapkan dapat turut membantu program pemerintah dalam mengatasi angka pengangguran, yang masih mencapai 7,99 juta orang per Februari 2023.

Hingga saat ini, JobStreet Express telah memiliki lebih dari 10.000 iklan lowongan kerja aktif dalam platform-nya.

Dengan proses rekrutmen mudah yang ditawarkan oleh JobStreet Express, pejuang kerja dapat melamar berbagai lowongan hanya di satu portal secara cepat, aman, dan gratis sampai akhir tahun 2023, tanpa dipungut biaya tambahan apapun. Beberapa lowongan yang tersedia antara lain waiter/waitress, sales/marketing, admin, front office, pramuniaga/crew store dan lainnya.

Langkah JobStreet Express untuk mengembangkan platform-nya di D.I.Yogyakarta tidak lepas dari keberhasilan kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari lembaga pemerintah, asosiasi usaha, komunitas, perusahaan swasta, dan masyarakat.

Serangkaian kerja sama ini merupakan upaya JobStreet Express dalam mewujudkan misi dalam membantu para pejuang kerja yang memiliki kemampuan pekerjaan semi-terampil agar bisa terus produktif serta turut membantu perusahaan dari berbagai industri melalui satu platform.

BACA JUGA :   Kapolres Bantul Ungkap Jumlah Korban Kecelakaan Bus Pariwisata di Imogiri

“Upaya kolaborasi yang dilakukan JobStreet Express di berbagai kota, khususnya Yogyakarta adalah komitmen kami dalam meningkatkan SDM di usia produktif yang menyentuh angka 70%, di mana kami membuka peluang memperbanyak lowongan kerja sehingga turut mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia,” pungkas Woon Hann Khoo.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan