Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Dalam Upacara Kemerdekaan RI, Seperti Apa Sih Baju Adat Buton?

ABOUTSEMARANG – Pada Upacara Peringatak Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampak mengenakan baju adat asal Buton Sulawesi Tenggara. Ia mengenakan baju Dolomani yang merupakan baju adat Kesultanan Buton.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022.

Sebagai informasi, Dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi Kesultanan Buton.

Baju adat terdiri dari atasan, celana panjang, sarung dan kopiah. Saat dikenakan, baju akan dilengkapi kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik) serta katuko (tongkat).

Lazimnya, baju berwarna hitam. Namun karena dikenakan dalam momen peringatan kemerdekaan RI, baju memiliki warna merah.

Makna baju adat Buton ini salah satunya tentang perjalanan seorang pemimpin. Dilambangkan motif bunga rongo, pemimpin digambarkan merintis dari rakyat biasa atau dari bawah, naik jadi pemimpin lalu akan turun kembali jadi rakyat biasa.

Kemudian terdapat ornamen tumbuhan setempat yang dikenal manis tetapi bisa memicu gatal. Ini mengandung makna bahwa pemimpin harus waspada terhadap bahaya.

Pada kopiah terdapat ornamen bunga dan kaligrafi yang berbunyi ‘maulana’. ‘Maulana’ memiliki beberapa pengertian termasuk Tuhan, penjaga, penolong atau pemimpin. Di sini mengandung makna bahwa pemimpin harus mampu membawa kesejahteraan.

Sebelumnya Jokowi juga mengenakan baju adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI 2022. Ia mengenakan baju Paksian yakni baju adat Provinsi Bangka Belitung.

Baju terdiri dari jas Arab panjang berwarna hijau dilengkapi selempang berhias bordir emas.***

Sharing:

BACA JUGA :   Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY 2022-2027

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan