Jokowi Resmikan Inpres Jalan Muntilan-Keningar Magelang

ABOUTSEMARANG – Rekonstruksi Jalan Muntilan-Keningar di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang diresmikan.

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tiba di lokasi hari ini, Senin (22/1/2024) pukul 11.00 WIB.

Diketahui total panjang jalan yang diresmikan mencapai 18,2 kilometer dengan anggaran Rp 31,9 miliar.

Sementara itu, kedatangan Presiden Jokowi di lokask disambut oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin dan pejabat Forkopinda Kabupaten Magelang.

Adapun dalam kunker kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendag Zulkifli Hasan, dan Menkes Budi Gunadi Sadikin serta Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Setibanya di lokasi, Jokowi terlihat langsung melihat papan jalan yang akan diresmikan. Total jalan yang diresmikan di wilayah Kabupaten Magelang ada empat meliputi jalan akses evakuasi Merapi di Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung panjangnya 2,05 km biaya Rp 4 miliar.

Kemudian, Jalan Muntilan-Keningar di Desa Sumber, Kecamatan Dukun panjangnya 11,9 kilometer (km) anggaran Rp 16,021 miliar.

Selanjutnya ada jalan Inpres Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, panjangnya 4,45 km biaya Rp 5,28 miliar. Terakhir, Jalan Petung-Pakis, Kecamatan Pakis yang panjangnya 4,42 km biaya Rp 5,69 miliar.

Untuk total panjang jalan di Kabupaten Magelang yang diresmikan 18,2 Km dengan anggaran Rp 31,9 miliar.

“Tahun 2023 Anggaran Inpres Jalan Daerah adalah sebesar Rp 14,6 triliun,” kata Jokowi, Senin (22/1/2024).

Terkait anggaran untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan yang ada di Jawa Tengah, kata Jokowi, dana yang digelontorkan ke Provinsi Jawa Tengah mencapai Rp 1,36 triliun.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak

“Di Kabupaten Magelang dibangun 4 ruas jalan sepanjang 18,2 km dengan biaya Rp 31,9 miliar rupiah,” kata Jokowi.

Adanya pembangunan jalan di wilayah tersebut cukup penting, pasalnya menurut Jokowi, ruas Muntilan-Keningar sendiri adalah akses evakuasi Merapi.

“Sehingga saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai. Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal, tapi dengan rigid beton ini akan memberikan keawetan karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar. Kita harapkan ini lebih awet,” sambung Jokowi.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan