Kabar Duka, Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia

ABOUTSEMARANG – Aktris senior Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis (16/3) setelah beberapa hari dirinya sempat dirawat di rumah sakit usai mengalami sesak napas.

Kabar duka, meninggalnya Nani Wijaya tersebut dikonfirmasi langsung oleh putrinya, Cahya Kamila melalui unggahan diakun Instagram pribadinya.

INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya di RS Fatmawati 16 Maret 2023 pada pukul 3.28 WIB,” tulis Cahya.

Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3) di usianya yang ke-78 tahun di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta.

Pemain sinetron Bajaj Bajuri tersebut bahkan dirawat di High Care Unit (HCU) karena perlu pengawasan khusus dari dokter.

Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja,” tulis Cahya.

Diketahui, jenazah Nani Wijaya akan dimakamkan di TPU Pesantren Al Ihya Batu Tapak, Cimonas, Bogor. Sebelum meninggal dunia Nani Wijaya dikabarkan menderita sejumlah penyakit.

Perjalanan karir Nani Wijaya

Nani Wijaya merupakan salah satu aktris senior yang disebut sebagai salah satu Golden Girls film Indonesia. Selain Nani Wijaya, ada Rina Hasyim, Connie Sutedja, dan mendiang Ida Kusumah yang disebut sebagai Golden Girls.

Nani Wijaya sudah eksis di dunia film Indonesia sejak dekade 60-an. Film pertama yang dibintangi Nani Wijaya adalah Darah Tinggi. Selanjutnya, Nani Wijaya setiap tahunnya selalu menelurkan kaya terbaru di film.

Lebih dari 100 judul film dibintangi oleh Nani Wijaya. Belum lagi puluhan judul serial televisi yang dibintangi olehnya.

BACA JUGA :   Mahasiswa UNS Meninggal Saat Diklatsar Menwa, Polisi Periksa Panitia Acara

Nani Wijaya terakhir kali main film pada 2012 dalam judul Ummi Aminah dan Mama Cake.

Aktris asal Cirebon, Jawa Barat, itu juga memukau lewat aktingnya dalam serial TV. Salah satu perannya yang paling melekat adalah sebagai Emak Eti di Bajaj Bajuri (2002-2007) dan Tukang Bubur Naik Haji the Series.

Banyak judul film dan serial TV yang dibintangi menjadi hasil dan membuat nama Nani Wijaya terus dikenal. Namanya langganan masuk menjadi nominasi penghargaan film di Tanah Air.

Pada 1978 Nani Wijaya meraih penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI berkat perannya di film Yang Muda yang Bercinta. Kemudian pada 1983 dia kembali meraih penghargaan yang sama melalui perannya sebagai Mas Ayu Ngasirah dalam film R.A Kartini.

Semasa hidupnya Nani Wijaya tiga kali mendapat Lifetime Achievement Award. Penghargaan itu diterima Nani Wijaya pada 2010 dalam Festival Film Bandung, 2021 dari Indonesian Movie Actors Awards, dan 2022 dari Indonesian Drama Series Awards.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan