KAI Sebar Promo Tiket Kereta Murah, Usai Masyarakat Keluhkan Tiket Mahal

ABOUTSEMARANG – Baru-baru ini masyarakat mengeluhkan tiket kereta api yang harganya dianggap terlalu mahal. VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan sebagai alternatif PT. KAI sudah banyak memberikan sederet promo untuk tiket murah bagi masyarakat.

KAI menyebut telah menyediakan 3 sub promo tarif murah yakni tarif reduksi untuk berbagai kalangan dan instansi, tarif khusus untuk berbagai rute dan perjalanan kereta api, dan tarif subkelas agar penumpang bisa memiliki pilihan tarif sesuai kebutuhannya.

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” jelas Joni dalam keterangannya, Jumat (13/1).

Joni Martinus juga menjelaskan jika tarif KA komersial bersifat fluktuatif atau menyesuaikan permintaan pelanggan.

“Tapi tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan”, jelasnya.

Sementara itu, kereta-kereta yang bersifat PSO atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya tetap, sesuai dengan tarif yang telah ditentukan pemerintah.

Berikut 3 promo tiket yang diberikan KAI

1. Tarif Reduksi

KAI memberikan tarif reduksi ke berbagai kalangan masyarakat untuk membuat perjalanan menggunakan kereta api menjadi lebih hemat hingga 50%. Tarif reduksi diberikan ke berbagai kalangan mulai dari lansia hingga dosen universitas.

Pembelian tiket harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui Loket, Customer Service, atau lokasi lainnya sesuai kerjasama antara KAI dan instansi tersebut.

Berikut ini pihak yang mendapatkan fasilitas promo tiket reduksi:

BACA JUGA :   Perjalanan KA Argo Sindoro dan KA Argo Muria Lebih Cepat dan Lebih Singkat 31 Menit

A. Lansia

Diskon sebesar 20% untuk kereta komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

B. Legiun Veteran RI

Diskon sebesar 50% untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa sampai Kamis kecuali hari besar atau hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan. Sementara untuk hari Jumat hingga Senin dan hari libur lainnya diskonnya hanya 30%.

C. TNI dan Polri

Diskon sebesar 25% untuk kereta api komersial kelas eksekutif dan 50% untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis. Diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa pendidikan TNI/Polri tapi tidak termasuk keluarganya, ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

D. Wartawan

Diskon sebesar 20% untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

E. Civitas Akademika

Diskon sebesar 10% untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS. Diskon juga berlaku untuk anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

2. Tarif Khusus

KAI juga menyediakan tarif khusus. Penumpangnya dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah untuk rute dan KA-KA tertentu. Tarif khusus tersedia untuk rute khusus mulai dari Gambir-Cirebon, Bandung-Tasikmalaya, Bandung-Banjar, dan juga Cirebon-Purwokerto.

Kemudian, tarif khusus juga berlaku untuk rute Semarang Tawang/Semarang Poncol-Tegal, Purwokerto-Yogyakarta/Lempuyangan/Solo Balapan, Madiun-Malang, Surabaya Gubeng-Jember, dan lainnya.

“Tiket tarif khusus dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show,” ujar Joni.

3. Tarif Subkelas

BACA JUGA :   Dukung Operasional Kereta Cepat Whoosh, KAI Sediakan KA Feeder

KAI juga menyediakan tarif yang lebih terjangkau melalui pembagian tarif subkelas pada saat penjualan tiket kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Pada saat pemesanan, calon pelanggan akan melihat kode subkelas pada tiket yang diinginkan disertai beberapa alternatif tarif.

Perbedaan antar kode subkelas adalah hanya pada tarif yang ditawarkan dan tidak ada perbedaan fasilitas atau tempat duduk yang nantinya didapatkan pelanggan selama dalam perjalanan.

“Penyediaan alternatif tarif tersebut adalah bentuk apresiasi KAI bagi pelanggan yang memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat memilih tarif yang diinginkan,” tambah Joni. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan