Kakek 74 Tahun di Demak Ditahan Karena Membela Diri dari Pencuri, Kenapa Begitu

ABOUTSEMARANG – Malang benar nasib Kakek Kasmito, Pria berusia 74 tahun asal Demak ini harus berurusan dengan polisi atas penyerangan terhadap pencuri ikan. Dia terancam hukuman 5 tahun penjara.

Kakek Kamito dilaporkan ke polisi dengan laporan No. B/155/IX/2021/SPKT/Res Demak/Polda Jawa Tengah tertanggal 8 September 2021.

Dalam keterangannya, Kakek yang biasa disapa Mbah Minto diduga melakukan penganiayaan terhadap seorang pria berusia 30 tahun karena mencuri ikan dari kolam yang dia jaga. Mbah Minto saat itu ditahan di Polsek Karangawen Demak.

Kejadian bermula ketika Kasmito menangkap seorang pria yang mencuri ikan pada 7 September lalu. Saat diteriaki, maling itu malah melawan dengan alat setrum ikan.

Kasmito kemudian mengambil parang dan melawan pencuri tersebut hingga pencuri kabur. Kasmito memberi tahu warga dan menceritakan kasusnya. Sebaliknya, ia justru dilaporkan atas dugaan penganiayaan dan ditangkap.

BACA JUGA: Edan, Pria di Demak Tega Aniaya dan Perkosa Dua Siswi MTs di Kebun Jagung

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan Kusmito dijerat dengan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.

“Pelaku dijerat dengan pasal 351 KUHP ayat 2 karena korban luka berat,” kata Budi, Rabu (13/10) di Mapolres Demak.

Budi mengatakan, korban yang pencuri ikan mengalami luka serius di bagian lengan dan leher.

“Pelaku dirawat di rumah sakit selama dua minggu, sekarang masih rawat jalan,” kata Budi.

Berdasarkan laporan dari keluarga korban, kasus bermula saat korban berpamitan kepada keluarga untuk mencari ikan. Namun, pihak keluarga mendapat kabar bahwa korban dibacok saat sedang mencari ikan.

Sementara itu, LBH Demak Raya yang mendukung Mbah Kasmito dan menyatakan bahwa penangkapan serta penahanan itu berlebihan.

“Ini kan lucu ya, konyol ada orang menangkap pencuri, melindungi dirinya dari ancaman yang dilakukan oleh pencuri kok malah dipenjara, dipidanakan,” ujar kuasa hukum Kasmito dari LBH Demak Raya, Hariyanto.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan