Kapan Awal Ramadhan 2024? Ini Jawaban versi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

ABOUTSEMARANG – Tidak lama lagi bulan suci Ramadhan 2024 akan segera tiba. Tentunya ini menjadi salah satu bulan penuh keberkahan yang banyak dinanti oleh umat muslim.

Saat bulan Ramadhan tiba masing-masing dari umat muslim diharuskan melakukan puasa wajib selama 30 hari, kecuali bagi mereka yang mendapatkan udzur syar’i.

Masuk di tahun 2024 ini kabarnya awal Ramadhan akan datang di awal tahun yakni bertepatan dengan bulan Maret mendatang. Lantas kapan dilaksanakannya?

Untuk menentukan awal Ramadhan atau bulan puasa 2024 terdapat dua metode yang sering digunakan yakni hisab atau perhitungan serta rukyatul hilal.

Kabar baiknya, awal Ramadan akan ada libur selama dua hari, meskipun libur ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan bulan puasa. Momen libur ini tentu bisa langsung dimanfaatkan untuk mengadakan buka bersama (bukber) yang menjadi tradisi Ramadan di Indonesia.

Biasanya dalam menentukan awal ramadhan dari Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama atau sering kita sebut dengan NU memiliki cara mereka tersendiri.

Berikut akan bagikan penentuan awal Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah dan NU yang dapat anda simak.

Awal Ramadan 2024 menurut Muhammadiyah dimulai pada tanggal 1 Ramadan 1445 H, yang bersamaan dengan tanggal 11 Maret 2024. Keputusan ini diumumkan melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menentukan awal bulan Hijriah. Hasil hisab tersebut menunjukkan bahwa ijtimak jelang Ramadan 1445 H terjadi pada pukul 16:07:42 WIB pada 29 Syaban 1445 H, yang bertepatan dengan 10 Maret 2024. Hilal sudah terlihat saat Matahari terbenam di Yogyakarta dan sebagian wilayah Indonesia, kecuali di Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya. Sebagai hasilnya, puasa Ramadan 2024 versi Muhammadiyah akan berlangsung 14 hari lagi.

BACA JUGA :   Catat! Ini Aturan Jam Operasional Tempat Hiburan di Kota Semarang Selama Ramadan

Sementara itu, tanggal awal Ramadan 1445 H versi Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah akan ditetapkan melalui sidang isbat yang dijadwalkan pada akhir Syaban. Berbeda dengan Muhammadiyah, NU dan pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal, yang memperhitungkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi melalui pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Menurut kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Kementerian Agama, perkiraan awal Ramadan 2024 versi pemerintah dan NU adalah pada Selasa, 12 Maret 2024.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tanggal awal Ramadan 1445 H/2024 M versi NU dan pemerintah masih bersifat prediksi, dan penetapannya akan diumumkan setelah sidang isbat berlangsung.

Demikian informasi mengenai penetapan awal Ramadhan 2024 menurut versi Muhammadiyah dan NU.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan