Kemenhub Percepat Pengembangan Kendaraan Listrik Gandeng Nottingham University

ABOUTSEMARANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng perguruan tinggi negeri asal Inggris, Nottingham University, dalam rangka percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Kerja sama tersebut sudah dimulai sejak 6 Mei 2021 oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) yang merupakan salah satu perguruan tinggi di bawah pengelolaan Badan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengaku mendukung kerja sama antara BPSDMP dengan Nottingham University ini dalam rangka percepatan pengembangan kendaraan listrik di tanah air.

“Saya mendukung penuh kerja sama yang dilakukan dengan salah satu perguruan tinggi di negara maju. Hal ini perlu dilakukan dalam upaya kita melakukan percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” kata Menhub dalam webinar bertajuk ‘Kendaraan Listrik yang Lebih Aman, akhir pekan lalu.

Menhub mengatakan, menindaklanjuti terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, Kemenhub bersama Nottingham University telah mengadakan focus group disscusion (FGD) tentang kendaraan listrik yang lebih aman.

BACA JUGA: Ini Sepeda Motor Listrik Balap Karya Anak Bangsa

“Dari FGD tersebut telah dihasilkan policy brief mengenai kendaraan listrik yang meliputi pentingnya komponen baterai, sistem dan standar pengisian baterai, persyaratan teknis dan laik jalan, peraturan, kompetensi pemeriksa, daur ulang baterai atau sistem pengelolaan limbah dan penanganan serta mitigasi kecelakaan kendaraan listrik,” kata Budi Karya. (ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan