Kemeriahan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 Diwarnai dengan Atraksi Parade Pesawat Tempur hingga Heli

ABOUTSEMARANG – Perayaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dimeriahkan dengan penampilan flypass pesawat tempur dan helicopter TNI dan Polri.

Adapun atraksi pesawat tempur tersebut dipertontonkan di langit area Istana Merdeka

Sementara itu, upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Tim Indonesia Maju sendiri dimulai pada pukul 10.49 WIB, Kamis, 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan flypass Garuda Flight dan Nusantara Flight. Teatrikal Tentara Langit Nusantara dan Garuda Flight itu dilakukan di area Monas.

Dalam atraksi tersebut ditunjukkan formasi pesawat tempur angkatan udara Garuda Flight.

Sebagai pemimpin Garuda Flight, Letkol Penerbang Pandu Eka Prayoga alumni akademi Angkatan Udara 2004. Kesehariannya menjabat Komandan Skuadron 3 pangkalan Iswahyudi.

Formasi ini terdiri dari 10 pesawat F-16. Pesawat terbang di 1.000 kaki dari permukaan tanah.

Lebih lanjut, Formasi Helikopter Nusantara Flight terdiri dari NHS Super Puma dan PC 275 Karakal TNI AU. Helikopter AH Apache TNI AD, Helikopter AS 56 M TNI AU. Serta helikopter AW Polri.

Nusantara Flight dipimpin oleh Kolonel Penerbang Agung Wahyudi alumni Angkatan Udara tahun 2004. Kesehariannya memimpin skuadron udara 6 Lanud Sanjaya Bogor.

Diketahui, pada Minggu, 13 Agustus 2023 lalu, Istana menggelar geladi kotor upacara HUT RI.

Agung menerangkan geladi kotor hari pertama telah sesuai sequence demo udara yang akan dimainkan saat Hari-H nantinya.

Mulai dari take off hingga landing kembali di Lanud Halim Perdanakusuma, demo udara berlangsung hingga satu setengah jam.***

Sharing:

BACA JUGA :   HUT Kemerdekaan RI Berdekatan dengan Libur Akhir Pekan, Tanggal 18 Agustus Cuti Bersama?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan