Kenali Lima Warna Berbeda dalam Surat Pemilu 2024, Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah!

ABOUTSEMARANG – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, terdapat beberapa informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat agar tidak melakukan kesalahan saat memberikan hak suara.

Penting untuk mengenali lima warna berbeda yang terdapat pada surat pemilu 2024 nanti.

Dalam Pemilu 2024 ini, masyarakat diminta untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD Provinsi, dan calon anggota DPRD Kabupaten atau Kota.

Setiap surat suara tersebut memiliki warna yang berbeda, dan tentunya memiliki makna yang berbeda pula.

Surat suara akan diberikan kepada pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, yang menetapkan 5 jenis surat suara yang digunakan dalam pemilu.

Penetapan warna pada setiap jenis surat suara ini berkaitan dengan pemilihan presiden/wakil presiden, DPR, DPD, DPRD tingkat provinsi, hingga DPRD tingkat kabupaten/kota.

Untuk menghindari kesalahan dalam memberikan hak suara, penting untuk memahami makna dari warna surat tersebut.

Berikut adalah 5 jenis warna surat suara yang akan digunakan:

Pertama, Surat suara berwarna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Kedua, Surat suara berwarna kuning untuk pemilihan DPR RI.

Ketiga, Surat suara berwarna merah untuk pemilihan DPD RI.

Keempat, Surat suara berwarna biru untuk pemilihan DPRD tingkat provinsi.

Kelima, Surat suara berwarna hijau untuk pemilihan DPRD tingkat kabupaten/kota.

Perlu diingat, meskipun setiap jenis surat suara telah dibedakan berdasarkan warna, setiap surat suara juga mencantumkan keterangan spesifik seperti nama dan nomor urut yang sesuai.

BACA JUGA :   Ini Nomor Urut Terbaru Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Ada yang Berubah

Berikut adalah beberapa keterangan yang perlu diperhatikan pada kelima jenis surat suara tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemilihan:

Surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden harus memuat lima informasi, yaitu nama pasangan calon, foto, nomor urut, dan gambar partai politik serta partai politik pendukung.

Sedangkan, surat suara untuk Pemilihan Anggota DPR harus mencantumkan nama calon, nomor urut calon, nomor urut partai politik, dan gambar partai politik yang mengusung calon tersebut.

Surat suara untuk Pemilihan Anggota DPD harus mencantumkan nama calon, foto calon, dan nomor urut.

Kemudian, surat suara untuk Pemilihan Anggota DPRD tingkat provinsi harus mencantumkan nama calon, nomor urut calon, gambar partai politik pengusung, dan nomor urut partai politik pengusung.

Terakhir, surat suara untuk Pemilihan Anggota DPRD tingkat kabupaten/kota harus mencantumkan nama calon, nomor urut calon, gambar partai politik pengusung, dan nomor urut partai politik.

Demikian informasi mengenai lima warna berbeda yang ada pada surat suara Pemilu 2024.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan