Ketahui! 5 Keistimewaan Kalimat Kun Fayakun dalam Surat Yaasin

ABOUTSEMARANG – Berikut adalah 5 keistimewaan dari kalimat Kun Fayakun dalam Surat Yaasin yang jarang diketahui banyak orang.

Pada bagian ayat dalam Surat Yaasin yang berisi Kun Fayakun, terdapat 5 keistimewaan, salah satunya adalah mencapai ketenangan jiwa.

Untuk mengetahui keistimewaan lainnya dari kalimat Kun Fayakun dalam Surat Yaasin, Anda dapat membaca artikel ini.

Secara umum, kalimat Kun Fayakun menjelaskan tentang ketetapan yang diberlakukan oleh Allah SWT.

Dalam firman-Nya, untuk menciptakan sesuatu, Allah hanya perlu mengucapkan kalimat “Kun” yang berarti ‘Jadilah,’ dan sesuatu yang diinginkan terjadi.

Tanda kebesaran Allah ini ditemukan dalam Surah Yaasin ayat 82 yang menyatakan, “Innamaa amruhuu idzaa araada syaian ayyakula lahu Kun Fayakun,” yang artinya: “Sesungguhnya perintah-Nya ketika Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata padanya: ‘Jadilah!’ maka terjadilah.”

Tanpa disadari, dalam potongan ayat tersebut terdapat 5 keunggulan yang dapat kita ketahui, antara lain:

1. Mempercayai bahwa Allah SWT adalah pencipta seluruh alam. Kun Fayakun dalam Surah Yasin ditegaskan juga dalam Surah Al An’am ayat 73 yang menyatakan;

“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya ketika Dia mengatakan ‘Jadilah,’ lalu terjadilah. Dan segala kekuasaan ada di tangan-Nya saat sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang gaib dan yang terlihat. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.”

2. Semakin yakin bahwa segala sesuatu mungkin terjadi di tangan Allah.

3. Mencapai ketenangan jiwa. Ini karena pada dasarnya, ketika doa belum terjawab, kita yakin bahwa Allah pasti dapat dengan mudah mengabulkannya.

BACA JUGA :   Tadabur Surat Yasin, Memaknai Isi, Tema dan Faedahnya

4. Meraih kemuliaan. Sebagaimana disebutkan dalam HR Abu Dawud, “Siapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya, akan diberikan dua mahkota di hari kiamat, cahayanya lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Jika matahari berada di rumahmu (penuh sinarnya), apa yang dapat dibayangkan terhadap orang yang mengamalkan Al-Quran ini.”

5. Fasilitasi terkabulnya doa. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Allah SWT, ketika menciptakan segala sesuatu, tidak menemui kesulitan.

Dengan keyakinan ini, doa yang kita panjatkan diharapkan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Itulah 5 keistimewaan yang dapat kita ketahui dari potongan ayat Surat Yaasin yang berbunyi Kun Fayakun.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan