Ketahui! Ini Anjuran Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha 2024

ABOUT SEMARANG – Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 2024, Anda dapat membaca artikel ini.

Pada tanggal 17 Juni 2024, umat Islam akan melaksanakan Sholat Idul Adha di masjid terdekat masing-masing.

Sholat sunnah Idul Adha biasanya dilakukan pada pagi hari, seperti Sholat Idul Fitri, baik di masjid maupun di tempat terbuka.

Namun, pelaksanaan Sholat Idul Adha sedikit berbeda dari sholat wajib, karena tidak diawali dengan adzan atau iqamah.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, pukul berapa Sholat Idul Adha 2024 dilaksanakan?

Menurut buku “Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan” karya Abu Maryam Kautsar Amru, disarankan untuk melaksanakan Sholat Idul Adha sejak dini.

Melaksanakan sholat lebih awal juga memungkinkan penyembelihan hewan kurban dilakukan lebih cepat, sesuai dengan anjuran dalam hadits riwayat Bukhori.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menekankan untuk memulai Hari Raya dengan Sholat Idul Adha pada awal waktu, diikuti dengan penyembelihan kurban.

Imam Syafii menyarankan agar waktu Sholat Idul Adha dimulai sejak terbitnya matahari dari ufuk timur, sangat diutamakan pada waktu masuk dhuha dan berakhir sebelum zawal.

Berdasarkan hal ini, waktu ideal pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 2024 adalah antara pukul 06.00 hingga 07.00 waktu setempat.

Berbeda dengan Sholat Idul Fitri yang dianjurkan dilaksanakan lebih lambat, agar masih ada kesempatan untuk membayar zakat fitrah sebelumnya, sesuai dengan petunjuk dalam hadits yang sama.

“Barangsiapa yang menunaikannya sebelum sholat id maka zakat (fitri) nya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah sholat id maka hanya menjadi sedekah biasa.” (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni dan dihasankan oleh Al Albani)

BACA JUGA :   Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha 2022 Kapan Ya? Yuk Cek Isi SKB 3 Menteri Ini

Demikianlah penjelasan mengenai anjuran waktu pelaksanaan sholat idul Adha yang dapat Anda simak.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan