Ketahui Sejarah Bulan Muharram, Lengkap dengan Peristiwa Penting yang Terjadi

ABOUT SEMARANG – Untuk mengetahui peristiwa penting selama bulan Muharram beserta sejarahnya, simak selengkapnya pada artikel ini.

Muharram dijadikan bulan pertama dalam kalender Hijriah berdasarkan keputusan Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H, sebagaimana dijelaskan dalam buku Sejarah Pembentukan Kalender Hijriyah oleh Ahmad Zarkasih.

Penetapan kalender ini berawal dari kebingungan Abu Musa al-Asy’ari yang sulit membedakan antara surat perintah lama dan baru karena tidak ada tanggal pada surat-surat tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, Umar mengumpulkan para sahabat dan mendiskusikan masalah tersebut. Hasilnya, disepakati bahwa tahun pertama Hijriah didasarkan pada peristiwa hijrah, dan bulan pertama yang diusulkan adalah Rabiul Awal atau Muharram.

Setelah mempertimbangkan, Khalifah Umar memilih Muharram sebagai bulan pembuka karena dukungan dari Utsman bin Affan dan karena Muharram merupakan momen awal hijrah, meskipun hijrahnya terjadi pada Rabiul Awal. Ada juga riwayat lain yang menyebutkan Muharram dipilih karena merupakan momen kembalinya orang-orang dari ibadah haji.

Sejak saat itu, Muharram dikenal sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Selain dianggap bulan mulia, Muharram juga menyimpan banyak peristiwa bersejarah yang menarik.

Berikut adalah beberapa peristiwa penting di bulan Muharram:

1. Keluarnya Nabi Nuh AS dari Bahteranya

Nabi Nuh diutus kepada kaum yang menyembah berhala. Setelah 950 tahun berdakwah tanpa hasil, Nabi Nuh berdoa kepada Allah untuk menyelamatkannya.

Allah memerintahkan Nuh membuat bahtera besar. Setelah selesai, terjadi banjir besar yang menghancurkan kaumnya. Nabi Nuh dan pengikutnya selamat di atas bahtera selama 150 hari. Mereka keluar dari bahtera pada 10 Muharram.

BACA JUGA :   Resep dan Cara Membuat Bubur Suro, Sajian Khas Menyambut Tahun Baru Hijriah

2. Kebinasaan Firaun dan Bala Tentaranya

Setelah dakwah Nabi Musa ditolak, Firaun mengejar Musa dan pengikutnya hingga ke Laut Merah.

Dengan izin Allah, Musa memukulkan tongkatnya ke laut dan laut terbelah. Musa dan pengikutnya menyeberang dengan selamat, tetapi Firaun dan pasukannya tenggelam ketika laut kembali seperti semula. Kejadian ini juga terjadi pada 10 Muharram.

3. Perang Qadisiyah

Perang besar ini terjadi pada 14 atau 15 Muharram 14 Hijriah/637 Masehi antara 36.000 orang Muslim melawan 120.000 orang Persia.

Pasukan Muslim dipimpin oleh Sa’ad bin Abi Waqqash dan berhasil meraih kemenangan telak pada hari keempat perang.

Itulah penjelasan mengenai sejarah dari bulan Muharram lengkap dengan peristiwa penting saat bulan penuh rahmat itu.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan