Kisi-Kisi Materi Ujian UMPTKIN 2024, Calon Peserta Bisa Pelajari!

ABOUT SEMARANG – Sejak tanggal 17 April 2024, pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) telah dibuka bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

Kabarnya, pendaftaran UMPTKIN tahun ini akan berlangsung dari tanggal 17 April hingga 15 Juni 2024 mendatang.

Untuk mengikuti seleksi masuk kampus melalui jalur ini, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 per orang.

Peserta juga dapat memilih maksimal tiga program studi pada PTKIN/PTN yang akan dituju.

Proses masuk kampus melalui jalur UMPTKIN ini hampir serupa dengan UTBK-SNBT, namun berbeda dalam hal perguruan tinggi yang dituju, yakni UMPTKIN khusus untuk perguruan tinggi Islam sedangkan UTBK-SNBT untuk perguruan tinggi umum.

Calon peserta UMPTKIN dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari beberapa materi ujian yang telah ditentukan. Berikut adalah daftar materi ujian UMPTKIN 2024 menurut kemenag.go.id:

Materi Ujian

1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:

a) Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;

b) Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;

c) Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

BACA JUGA :   Pendaftaran UMPTKIN 2024 Resmi Dibuka! Simak Jadwal dan Ketentuan Umum di Sini

2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Bagi Anda yang pada tahun ini mengikuti tes UMPTK 2024 dapat pelajari beberapa materi yang telah di tentukan.

Demikian informasi mengenai daftar materi ujian UMPTKIN 2024.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan