Kota Semarang Bakal Punya Sport Tourism Baru, Intip Lokasinya

ABOUTSEMARANG – Kota Semarang dikabarkan akan memiliki sport olahraga rekreasi baru.

Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang) diketahui tengah mengembangkan sport olahraga rekreasi baru ini yang tepatnya berada di Pantai Tirang Semarang.

Pemilihan Pantai Tirang sendiri lantaran lokasinya memiliki jalur trek yang asri dan bisa dimanfaatkan sebagai spot olahraga sekaligus rekreasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso mengatakan Pantai Tirang bisa menjadi salah satu spot menarik bagi para runners.

Apalagi suasana yang ada di Pantai Tirang yang asri menjadi nilai tambah bagi pengunjung.

“Sebenarnya banyak destinasi atau spot yang menantang bagi penghobi lari di kota Semarang. Salah satunya Pantai Tirang Semarang,” kata Wing, Selasa, 30 Mei 2023.

Pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang ini bisa dilalui dengan berbagai akses yakni bisa masuk dari jalur utama Perumahan Graha Padma.

Selain itu lokasi ini juga bisa ditempuh hanya beberapa menit dari pusat kota Semarang.

“Karena punya potensi jalur trek lari yang cukup indah. Pemkot Semarang berencana mengembangkan pantai tirang, sebagai salah satu tempat atau venue untuk olahraga rekreasi atau sport tourism,” ungkapnya.

Tak hanya Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo, Pantai Tirang diakui Wing memiliki potensi pengembangan sport tourism di Kota Semarang.

“Selain venue hutan wisata Tinjomoyo, kita juga punya jalur trek lari yang cukup bagus, dan indah seperti pantai tirang. Dari pintu masuk ke dalam, itu untuk rute runner juga cocok untuk mendukung sport tourism atau olahraga rekreasi,” paparnya.

BACA JUGA :   Aturan PPKM Level 4 Diperpanjang 16 Agustus: Mal di Semarang Boleh Buka, Syaratnya?

Wing menyebut dengan suasana alam yang masih asri dan cukup menantang, nantinya akan banyak pehobi lari lintas alam yang akan mengunjungi lokasi tersebut.

“Sebenarnya spot untuk komunitas tersebut sudah ada di Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo. Kita sudah siapkan jogging track, tapi selama ini belum dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wing juga mengungkapkan akan ada venue lain yang memiliki potensi mendukung sport tourism, yakni wisata Wadung Jatibarang di Gunungpati.

“Nantinya Waduk Jatibarang akan dikembangkan dan dikemas juga untuk mendukung sport turism. Kemudian kawasan wisata Sodong di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen itu juga keren, banyak sekali untuk bisa dinikmati,” jelas Wing

“Mereka bisa berkegiatan sesuai dengan hobinya namun juga sarana healing, wadah bertemu dengan sesama komunitas,” imbuhnya.

Terkait proyek sport olahraga rekreasi baru Kota Semarang itu, kata Wing, saat ini pihaknya masih berupaya menggandeng sejumlah komunitas, pelaku usaha dan Pokdarwis untuk mengembangkan olahraga rekreasi yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat.

“Kedepan kita gandeng komunitas, pelaku usaha, dan pokdarwis terutama mereka punya venue yang indah untuk saling mendukung. Kita akan support, kembangkan agar bisa mendukung pegiat sport turism dengan berbagai kegiatan yang diadakan mereka,” tandasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan