Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Rakernas X Jaringan Kota Pusaka Indonesia

ABOUTSEMARANG – Kota Semarang terpilih menjadi tuan rumah Rakernas X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Lama pada tanggal 22-26 Agustus 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso mengatakan Rakernas JKPI nanti akan dihadiri kurang lebih 19.000 peserta.

“Terdapat 73 kota dan kabupaten ikut dengan jumlah peserta keseluruhan kurang lebih 19.000 terdiri dari kepala daerah bersama dengan pasangannya, ajudan, pendamping delegasi, peserta pameran delegasi, peserta delegasi seni budaya, dan peserta fashion show delegasi,” kata Wing, Minggu (6/8).

JKPI, kata dia, merupakan organisasi dibentuk bertujuan mengembangkan kerja sama antar berbagai kota dan kabupaten memiliki pusaka alam dan pusaka budaya agar dapat dilestarikan sesama pemangku kebijakan.

Tahun ini Rakernas X JKPI mengambil tema “Pesona Pusaka Sebagai Warisan Budaya Indonesia Sebagai Pengikat Keberagaman Budaya Dalam Bingkai Nusantara”.

“Banyak kegiatan yang telah diagendakan selama Rakernas X JKPI. Pada hari pertama terdapat pameran lukisan, Tosan Aji, Bazar, pertukaran cinderamata, dan pentas seni budaya,” kata dia.

Hari kedua dilaksanakan kegiatan inti yaitu Rakernas X JKPI 2023 dan seminar internasional. Selain itu, ada kegiatan Ladies Program ditujukan untuk istri dari kepala tiap-tiap daerah.

“Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan Kirab Budaya Nusantara yang akan dimulai dari Jalan Letjend Suprapto dan berakhir di titik 0 Kota Semarang,” paparnya.

Sedangkan pada hari ketiga akan dilaksanakan heritage tour sebagai bentuk pengenalan tempat-tempat bersejarah di Kota Semarang. Hari keempat, para kepala daerah akan diajak untuk berolah raga sepeda bersama-sama dan trial bike dengan komunitas sepeda.

BACA JUGA :   Jadwal Bioskop Semarang Hari Ini Minggu, 3 Desember 2023: 172 Days Paling Favorit

Kemudian dilanjutkan sore harinya kembali digelar pentas seni budaya sebagai penutupan rangkaian kegiatan Rakernas X JKPI 2023 di Kota Semarang.

“Rakernas JKPI dilakukan sebagai bentuk keseriusan peningkatan program kerja untuk melestarikan pusaka alam dan pusaka budaya sebagai modal dasar pembangunan ke masa depan. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangannya,” tandasnya. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan