KPI Tegur RCTI Gara-gara Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Aboutsemarang.id – Terkait siaran lamaran selebritis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, stasiun televisi RCTI diberi peringatan keras oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Dikutip dari laman situs lembaga pengawas penyiaran itu, peringatan tersebut sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat tentang lamaran selebritas itu.

“Berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajibannya, hasil Pleno yang dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Maret 2021, KPI Pusat memutuskan memberikan PERINGATAN KERAS KEPADA RCTI.” tulis KPI pada laman resminya, Jumat 19 Maret 2021.

“Komisi Penyiaran Indonesia Pusat juga mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran lainnya untuk lebih memperhatikan kemanfaatan dan kepentingan publik dalam memproduksi dan/atau menyiarkan tema khusus dari sisi durasi, konteks serta muatannya, sehingga hak-hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang beragam atas penggunaan frekuensi radio di ranah publik dapat terpenuhi dengan baik,” demikian pernyataan KPI.

Dalam membuat keputusan tersebut, KPI mengutip Pasal 11 ayat 1 Pedoman Perilaku Penyiaran yang berisi: “lembaga penyiaran wajib memperhatikan kemanfaatan dan perlindungan untuk kepentingan publik, juncto Pasal 11 ayat 1 Standar Program Siaran, yakni program siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.”

KPI juga menekankan lembaga tersebut merupakan pengawas yang sah terhadap tayangan melalui frekuensi publik seperti diatur Undang-undang Penyiaran Pasal 8 ayat (2) huruf (c).

Hingga kini tim infosemarangraya masih mencari keterangan resmi dari pihak RCTI untuk menanggapi peringatan keras tersebut.

Sebelumnya, Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP) melaporkan siaran lamaran Atta-Aurel yang akan ditayangkan di RCTI ke KPI, Sabtu 13 Maret 2021. Mereka memprotes siaran itu karena dianggap tidak menghormati kepentingan publik. (SR)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan