Kronologi Viralnya Pria Raba-raba Paha Penumpang Wanita di Gerbong Kereta Api Argo Lawu

ABOUTSEMARANG – Baru-baru ini, aksi pelecehan seksual di Gerbong kereta api kembali terjadi. Sebuah video yang menampilkan aksi penumpang kereta berjenis kelamin laki-laki melakukan aksi pelecehan dengan meraba-raba paha penumpang perempuan di sebelahnya viral di media sosial.

Dalam unggahannya akun terebut menyebut bahwa ia mengeluhkan perilaku seorang penumpang pria yang dinilainya sudah berlaku tidak sopan.

Dari video yang beredar seperti dilihat aboutsemarang.id, Senin (20/6), tampak pria yang diduga pelaku itu mengenakan celana cokelat dan jaket abu-abu. Tangan pria tersebut tampak bergerak ke arah penumpang di sebelahnya.

Perlahan, tangan itu meraba-raba paha korban. Korban sempat merekam aksi pelecehan tersebut.

Korban juga mengunggah foto tangan pelaku yang berusaha menjangkau paha korban. Pada video lainnya, terlihat pria yang diduga pelaku itu mengenakan masker berwarna putih dan kacamata.

Lebih jauh akun terebut menyebut bahwa pelaku naik dari Jogja dan melakuakan aksi tidak terpuji itu sejak ia mulai duduk.

“Dia naik dari Jogja, dan ga lama setelah duduk, dia tu pegang² ttt mulu, berkali kali. Aku udah mulai risih,” terangnya.

Menurut korban yang merupakan pengunggah video tersebut, ia menyebut bahwa pelecehan dilakukan oknum penumpang berulang kali.

“Awalnya kukira nggak sengaja, eh kok semakin lama makin². Setiap aku gerak pasti tangannya dipindah, nggak lama balik lagi,” tulis korban lewat Twitter.

Korban mengatakan dirinya tak bisa berbuat apa-apa saat pelecehan itu terjadi. Ia bercerita jari-jemari pelaku naik turun di paha korban.

“Saat itu pengen teriak, tapi entah kenapa nggak bisa. Deg²annya minta ampun. Akhirnya berusaha untuk gerak. Setelah ini ku tegur, eh masih aja dilakuin. Akhirnya aku lapor, minta pindah kursi,” cuit korban.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, Kereta Api Daop 4 Kampanyekan Pencegahan Tindak Kekerasan dan Pelecehan Seksual

Korban mengaku sudah mengantongi identitas pelaku. Bahkan identitas teman-teman pelaku juga telah ia dapatkan.

Terakhir akun tersebut berharap jika oknum pelaku membaca cuitannya untuk bisa cepat bertobat.

“Untuk masnya yang naik dari Jogja KA Argo Lawu jurusan Solo – Jkt, duduk di Eksekutif 8 no kursi 9B, dan kalau aku tidak salah dengar percakapanmu dengan temanmu, kamu masih kuliah, di UNIVERSITAS ternama di INDONESIA.
Apabila kamu baca tweetku ini, tobat tobat yaa mas,” pungkasnya.

Usai viral di media sosial pihak KAI pun angkat bicara terkait kasus pelecehan ini. VP Public Relations Humas KAI Joni Martinus mengatakan peristiwa itu terjadi di KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir pada Minggu, 19 Juni 2022.

KAI mengecam perilaku tersebut. Saat ini KAI sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menentukan langkah hukum.

“Kami sangat menyesalkan dan menaruh perhatian sangat serius terhadap kejadian tersebut. KAI berkomitmen untuk selalu memberikan perlindungan kepada para pelanggan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan,” tegas Joni dalam keterangannya.

Joni mengatakan, setelah pihaknya mendapatkan laporan korban, kondektur yang bertugas langsung bergerak cepat untuk memindahkan tempat korban dengan mencarikan tempat duduk yang kosong lainnya.

Pelaku juga langsung ditegur. Kepada korban, KAI menyampaikan permohonan maaf.

Joni berharap kejadian serupa tidak terulang. Ia meminta penumpang mengedepankan etika kesantunan dalam menggunakan transportasi publik.

Joni mengingatkan, jika penumpang mengalami ketidaknyamanan selama perjalanan dengan kereta, segera menghubungi kondektur yang bertugas dengan nomor telepon yang tertera di dinding kereta. Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, e-mail cs@kai.id, dan media sosial @KAI121.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan