Kupat Sate Blengong di Jalur Pantura Brebes, Diburu Pemudik untuk Oleh-oleh

ABOUTSEMARANG, Brebes – Melintas di Jalur Pantura Brebes, belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas Sate Blengong.

Pasti banyak orang bertanya, apa hewan blengong yang dijadikan sate ini.

Blengong merupakan hasil kawin silang antara Bebek dan Entok. Katanya Blengong hanya bisa dibudidayakan di Brebes saja.

Mencari kuliner sate blengong di Brebes, sangat mudah. Sudah banyak warung kaki lima yang menyediakan kuliner ini.

Salah satunya warung Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak di Jalan Kyai Hasyim Asy’ari Pasarbatang atau di sebelah utara komplek Islamic Center Kota Brebes.

Jika ingin mampir ke warung ini diusahakan datang lebih awal, karena di musim mudik warung ini selalu ramai pengunjung. Baik dari dalam maupun luar kota.

Salah satu ciri khas sate blengong yaitu bentuk tusuknya yang memanjang dari bambu. Bahkan panjangnya bisa dua atau tiga kali tusuk sate pada biasanya.

Potongan dagingnya pun cukup besar dibanding sate lainnya. Sambal bumbunya yang berwarna lebih kemerahan dari cabe merah makin menggugah selera penikmat Sate Blengong.

Secara tekstur, daging sate blengong memiliki serat mirip bebek. Tapi dagingnya terasa lebih lunak dan lembut saat dikunyah.

Menikmati sate blengong ini menjadi salah satu pengalaman karena daging blengong yang kaya tekstur.

Biasanya, Sate Blengong dipadu menu kupat glabed. Kuliner ini disajikan dengan kuah lodeh atau opor yang kental. Sehingga kuah dari kupat glabed ini begitu gurih.

Perpaduan Kupat Glabet dan Sate Blengong ini membuat wisata kuliner anda semakin kaya rasa. Gurihnya kuah kupat glabed, dikombinasikan sambal sate blengong yang kaya rempah dan sedikit pedas.

BACA JUGA :   9 Rekomendasi Cafe di Semarang untuk Rayakan Hari Valentine Bersama Pasangan, Dijamin Speechless!

Di warung ini banyak pemudik yang datang untuk membungkus sate blengong ini sebagai oleh-oleh saat kembali ke kota asal.

Di warung ini, satu tusuk Sate Blengong dihargai Rp 8 Ribu, sedangkan satu mangkuk kupat glabed hanya Rp 7 Ribu.

Hayooo siapa yang pengen kupat sate blengong ini, datang saja di jalur Pantura Brebes.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan