Ma’ruf Amin Buka Jateng Halal Fair 2023 di Semarang

ABOUTSEMARANG – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin membuka Jateng Halal Fair 2023 di Kota Semarang, Senin (3/4). Dalam sambutanya, Ma’ruf Amin optimistis Indonesia bakal menjadi pusat industri halal nomor satu di dunia.

Ia juga berharap acara Jateng Halal Fair 2023 mampu meningkatkan literasi masyarakat, terhadap ekonomi dan keuangan syariah sekaligus mendorong bangkitnya pelaku usaha ekonomi dan keuangan Syariah.

“Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan, dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia, pada tahun 2024,” kata Ma’ruf Amin.

Mantan Ketua MUI itu menyebutkan ekonomi syariah tidak hanya diperuntukan bagi umat muslim saja. Oleh karenanya, ia pun berharap Pemprov Jateng memiliki perbankan syariah dengan berbagai program yang bisa diimplementasi semua kalangan.

“Ini [perbankan syariah] bukan hanya untuk orang Islam saja. Tapi untuk semua masyarakat. Karena banyak pelaku usaha menjadi nasabah bank syariah, termasuk non muslim. Terus banyak penyelenggara kawasan industri halal yang bukan orang Islam,” ujar Ma’ruf Amin.

Wapres menegaskan, jika ekonomi syariah dijalankan maka Indonesia akan menjadi negara pusat produksi halal nomor satu di dunia pada masa mendatang. Selain itu, dalam perkembangan dana syariah seperti zakat dan wakaf juga dinilai mempunyai prospek yang besar.

“Kita targetkan di 2024 Indonesia jadi pusat produksi halal nomor satu. Inu juga penting dilakukan untuk mengatasi kemiskinan. Maka perlu adanya kolaborasi bersama antarlembaga. Tujuannya, untuk mengakselerasi ekonomi syariah, memajukan pembangunan syariah, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing daerah,” ujarnya.

BACA JUGA :   Bukan Hanya Tahu Pong! Ayo Cicipi Rekomendasi Kuliner Khas Kota Semarang yang Patut Dicoba Selama Liburan

Acara pembukaan Jateng Halal Fair 2023 di Semarang itu, Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Usai membuka Jateng Halal Fair, Wapres Ma’ruf juga mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jateng.

Menurutnya, terbentuknya KDEKS Jateng mencerminkan komitmen, untuk lebih mendorong percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Tengah. Sehingga, pada gilirannya akan berdampak baik bagi ekonomi dan keuangan syariah tanah air.

“Dengan terbentuknya KDEKS Jawa Tengah yang dinahkodai langsung oleh Gubernur, selaku Ketua, saya berharap akselerasi implementasi program-program ekonomi dan keuangan syariah, dapat semakin dipacu,” paparnya.

Sebagai informasi, Jateng Halal Fair ini diikuti oleh sebanyak 40 stand pameran. Peserta Jateng Halal Fair terdiri dari dari berbagai UMKM produk halal, beberapa perusahaan seperti Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Indonesia, Pegadaian Syariah.

Selain itu juga beberapa lembaga seperti Bank Indonesia, Baznas, Bulog, Dishanpan Provinsi Jawa Tengah, PT Jateng Agro Berdikari, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Forum Organisasi Zakat, dan RSI Sultan Agung. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan