Mengenal Tradisi Tingjing yang Dilakukan Jess No Limit dan Sisca Kohl

ABOUTSEMARANG – Pasangan Youtuber Jess No Limit dan Sisca Kohl membagikan momen tingjing atau kalungan kemarin Kamis, (6/10) melalui akun Instagramnya. Tradisi Tingjing merupakan salah satu tradisi lamaran adat Tionghoa.

Acara tingjing itu telah dilaksanakan pada 10 Agustus 2022. Tampak dalam momen sakral tersebut Jess No Limit dan Sisca Kohl didampingi oleh keluarga keduanya.

Kalungan / Tingjing (定亲) Mr. & Mrs. No Limit 10 Agustus 2022,” tulis pemilik nama asli Tobias Justin dan Sisca dalam sebuah unggahan bersama di Instagram pada Kamis (6/10).

Dalam foto-foto yang dibagikan, Sisca Kohl nampak anggun menggunakan gaun berwarna nude. Sementara Jess No Limit juga mengenakan busana warna senada.

Dalam rangkaian unggahan Jess No Limit dan Sisca Kohl pun tampak ibu dari Jess memakaikan sebuah kalung ke leher Sisca Kohl. Kemudian, Jess membantu ibunya untuk menyematkan kalung itu di leher Sisca.

Apa Itu Tradisi Tingjing atau Kalungan?

Dilansir dari berbagai sumber, tingjing merupakan prosesi lamaran dari adat Tionghoa. Dalam acara lamaran ini, pihak pria datang untuk melamar pihak perempuan untuk menikahinya.

Tradisi tingjing ini merupakan tahap kedua dari Sangjit (seserahan) yang terjadi ketika pihak calon mempelai wanita telah menerima atau menyetujui calon mempelai pria untuk menikah.

Proses tingjing diawali dengan salah satu perwakilan dari keluarga calon mempelai pria akan menyampaikan tujuan kedatangan mereka.

Perwakilan ini harus orang yang sudah menikah. Lalu orang tua mempelai wanita akan memberikan izin dan mengizinkan putri mereka untuk memakai simbol yang mengikat.

BACA JUGA :   Tradisi Saparan di Lereng Merbabu Kabupaten Semarang Kembali Digelar Pasca 3 Tahun Absen

Kedua pihak resmi diikat sebuah dengan penyematan kalung kepada pihak perempuan. Adapun penyematan kalung itu dikenakan oleh ibu dari pihak pria kepada pihak perempuan.

Setelah menyematkan kalung, pasangan tersebut resmi bisa disebut sebagai calon mempelai wanita dan calon mempelai pria.

Setelah itu, kedua keluarga memulai pembicaraan mengenai sangjit atau seserahan, apakah ada permintaan khusus untuk item tertentu dari keluarga calon pengantin atau tidak.

Namun, pada zaman sekarang, proses tingjing umumnya akan dilakukan bersamaan dengan prosesi sangjit untuk menghemat waktu.

Sebelumnya, Jess No Limit telah melamar Sisca Kohl sejak 16 Juni 2022. Ia melamar kekasihnya dengan membuat prank yang dibalut dengan acara dinner romantis.

Ketika sedang makan malam, Jess No Limit meminta kekasihnya untuk menengok ke belakang. Di belakang Sisca Kohl sudah ada lampu yang menyala bertuliskan “Marry Me“.

Jess No Limit pun melamar Sisca Kohl di depan lampu tersebut sambil berlutut.

“Ayang mau nikah sama aku enggak?” tanya Jess No Limit melamar.

“Iya,” jawab Sisca Kohl singkat sambil menangis terharu.

Setelah lamarannya diterima, Jess No Limit menjelaskan alasan ia melamar Sisca Kohl. Ia mengatakan bahwa Sisca Kohl merupakan orang yang sangat perhatian kepadanya.

Sebelumnya, Jess No Limit dan Sisca Kohl mengumumkan tunangannya dengan sama-sama mengunggah sejumlah foto di Instagram.

Sebuah foto lainnya menunjukkan Jess No Limit menyematkan sebuah cincin berlian di jari manis tangan kiri Sisca Kohl. Keduanya pun berfoto mesra dan saling menunjukkan kebahagiaan.

16 Juni 2022. Mr. & Mrs. No Limit,” tulis Jess No Limit di unggahan tersebut.

Pada Mei 2022, Jess No Limit dan Sisca Kohl diketahui telah resmi berpacaran. Mereka mengaku “bucin” alias ‘budak cinta’ dan saling memamerkan kemesraan mereka. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan