Menhub Prediksi Tol Ini Rawan Macet Parah saat Mudik lebaran 2023

ABOUTSEMARANG – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai titik-titik kemacetan saat arus mudik Lebaran tahun 2023.

Pihaknya memprediksi titik kemacetan paling parah saat arus mudik Lebaran 2023 yakni dari ruas tol Jakarta menuju wilayah Jawa Tengah. Hal ini diungkap Menhub Budi Karya saat melakukan konferensi pers terkait perubahan cuti bersama libur lebaran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (24/3).

“Kita mencatat asal pemudik itu kebanyakan dari Jawa Timur, tapi tujuan paling banyak Jawa Tengah. Oleh karenanya jalur Cipali (Cikopo-Palimanan) adalah satu titik yang paling tinggi tingkat kemacetannya,” kata Budi Karya.

Sehingga nantinya akan dilakukan rekayasa lalu lintas yang ketat pada jalur ini. Adapun opsi rekayasa lalu lintas yang dilakukan mulai dari one way, contra flow, hingga ganjil genap.

“Kami confident dengan apa yang kita lakukan di kereta api, di laut, dan udara. bahkan penyeberangan karena kapasitas yang kita sediakan sangat signifikan tambahnya. tapi tidak dengan Cipali. Cipali itu dari Jakarta sampai KM 66 4 lajur, setelah KM 66 itu 2 lajur. Di situlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan,” Jelas Budi Karya.

Selain itu, dari hasil hitungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat diperkirakan akan ada 123 juta orang yang akan melakukan mudik pada periode lebaran tahun 2023 ini, angka ini naik 47% jika dibandingkan tahun sebelumnya atau 85 juta.

Sedangkan khusus di wilayah Jabodetabek juga pemudik diperkirakan meningkat menjadi 18 juta atau 27% dari tahun sebelumnya.

Adapun diperkirakan 22% dari pemudik itu akan menggunakan mobil pribadi dan 20% menggunakan sepeda motor. Sehingga dia melihat potensi terjadi penumpukan sangat besar khususnya pada ruas tol Cipali dan arah Meraki. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Sebanyak 93.731 Orang Tiba di Berbagai Stasiun Daop 4 Semarang Selama Arus Mudik Lebaran 2023

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan