Menyusul Premium, BBM Jenis Pertalite Juga Akan Dihapus, Ini Alasannya!

ABOUTSEMARANG – Saat ini pemerintah telah berencana untuk menghapus BBM Jenis Pertalite dari peredaran. Setelah sebelumnya BBM Jenis Premium dibatasi jumlah edarnya kini Pertalite juga akan mengalami hal yang sama.

Untuk tahap pertama, tahun 2022 pemerintah akan menghapus Premium (RON 88) terlebih dahulu di semua tempat edar, kemudian setelah itu giliran Pertalite (RON 90). Sebagai gantinya, pemerintah akan menyiapkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan yakni menggantikannya dengan BBM jenis Pertamax (RON 92).

Salah satu alasan penghapusan ini adalah kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik. Jadi, BBM jenis Premium dan Pertalite perlahan mulai ditinggalkan.

Sebelumnya, perubahan dari Premium ke Pertalite diprediksi mampu menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%. Selanjutnya, perubahan akan dilanjutkan ke Pertamax untuk menurunkan emisi sebesar 27%.

Baca Juga : Aksi Keji Anggota TNI Buang Sejoli Korban Kecelakaan Nagrek di Sungai Serayu, Kasus Dilimpahkan ke Pomdam

Secara umum, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting memaparkan, minat masyarakat terhadap BBM Premium secara umum telah menurun. “Iya masyarakat sudah bijak memilih BBM berkualitas,” katanya.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra P.G. Talattov memandang di tengah shifting Premium ke Pertalite saja, Pertamina dinilai tidak mudah untuk menyesuaikan harga keekonomian Pertalite.

Abra khawatir jika pemerintah tidak matang dalam memutuskan penghapusan Pertalite, ini akan menjadi gejolak ekonomi dan sosial.

Bukan hanya masyarakat banyak yang harus dipikirkan, namun pemerintah juga harus memikirkan operasional Pertamina secara bersamaan. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan